Mengikuti Ujian PAPS

Saat saya mendengar kata PAPS. Saya memang sangat asing dengan tes yang satu ini. Tes ini merupakan tes psikotes yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sejujurnya saya memang belum pernah mengikuti tes psikotes lainnya. Ini kali pertama saya mengikuti tes PAPS ini. Sehingga saya memang tidak bisa memberikan gambaran perbedaan dengan tes psikotes lainnya. Tes PAPS (Potensi Akademik Pascasarjana) merupakan tes yang menjadi salah satu syarat untuk mengikuti seleksi program pascasarjana atau program pendidikan dokter spesialis di Universitas Gadjah Mada. Skor yang di haruskan minimal 500. 

Sedikit saya akan jabarkan beberapa langkah dan gambaran ujian PAPS di postingan kali ini. Mudah mudahan bisa menjadi gambaran dan referensi buat kedepannya bagi yang belum pernah memiliki pengalaman dalam mengikuti tes ini. Terutama bagi yang ingin mengambil program pascasarjana atau PPDS Universitas Gadjah Mada. Bagi yang memiliki pengalaman yang lain atau pertanyaan silahkan langsung meninggalkan pesan dibawah postingan ini.

kebetulan saya berdomisili di Pekanbaru Riau, bagi saya untuk mengikuti ujian PAPS ini tentu sangat penting untuk menimbang masalah waktu perihal pemesanan tiket pesawat. Jadwal Ujian PAPS UGM dapat dilihat online di website ini  http://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/jadwal/

 

Untitledkkk.jpgjbj

Saya sempat memesankan tiket pesawat sesuai dengan jadwal ujian yang ingin saya ikuti. Saya memesan jauh jauh hari. Alhasil H-3 saya mendapati website update dan tanggal ujian periode yang saya ikuti berubah. Saya memang sedikit panik karena saya harus mereschedule jadwal penerbangan saya yang memakan biaya yang cukup mahal. Jika anda berdomisili  terutama didaerah Sumatra yang memerlukan transportasi udara, Saya menyarankan agar terus mencheck jadwal ujian dan memesan tiket di hari ke 6 atau 5 sebelum ujian. Setelah itu anda bisa mulai mendaftar dengan mentransfer host to host ke kantor cabang BNI terdekat. Nanti di kertas bukti transfer, anda diberikan user dan password yang digunakan untuk log in di website ini  https://paps.ugm.ac.id/

Setelah log in, ada beberapa tahap yang harus diselesaikan seperti menginput nama lengkap, tanggal lahir, no KTP dan pemilihan periode tanggal ujian dan waktu. Setelah semua diinput, cetak kartu tes ujian pada saat waktu yang ditentukan. Proses Log in dan pencetakkan kartu tes ujian ini hanya dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan di websitenya. Jangan lupa dicetak, ditanda tangani dan tempelkan pas foto sesuai ukuran yang diminta. (Ini dilengkapi dahulu sehingga saat ujian nanti tidak terburu-buru menempelkan pas foto dan melengkapi poin poinnya). Oh ya satu lagi, Pendaftaran ini dia otomatis akan ditutupi bila telah mencukupi kuota peserta pada periode. Peserta hanya boleh mendaftar pada salah satu sesi pada hari yang sama dan wajib datang 30 menit sebelum tes dimulai dengan membawa kartu tanda pengenal, kartu tes ujian dan alat tulis 2B beserta penghapus.

scan kartu tesjjjj.jpg
Kartu Tes Ujian

Saya kutip beberapa prosedur pendaftaran ujian PAPS

  • Calon peserta membayar biaya tes terlebih dahulu, sebesar Rp150.000,00 untuk satu kali tes, dengan cara transfer host to host ke BNI terdekat diseluruh Indonesia dengan kode pembayaran: 4040 diikuti tanggal lahir dengan format ddmmyyyy (tanpa nomor rekening)
    (biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa diuangkan kembali/non refundable dan tidak bisa dialihkan).
    Contoh: Misalkan tanggal lahir Anda adalah 09 Januari 1991, maka kode bayar host to host nya adalah404009011991
  • Setelah membayar, calon peserta akan mendapatkan password yang tercetak di Bukti Pembayaran
    (Password/Bukti Bayar ini dapat digunakan untuk mendaftar di tanggal tes kapan saja, tidak terpaku untuk tanggal tes tertentu).
  • Password yang sudah diperoleh digunakan untuk mendaftar secara online di: paps.ugm.ac.id sesuai dengan jadwal pendaftaran yang akan dipilih.
    Login : menggunakan Nomor Induk (tanggal lahir), yang tertera di slip pembayaran.
    Password : menggunakan PDFTRN. PASWD, yang tertera di slip pembayaran.
  • Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan memperoleh Bukti Pendaftaran dimana terdapat informasi kapan peserta dapat mulai mencetak Kartu Peserta Ujian.
  • Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) yang dapat diunduh langsung di website pendaftaran online sesuai dengan waktu yang telah dicantumkan di Bukti Pendaftaran.
  • Peserta datang langsung ke lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang diperoleh dengan membawa Kartu Peserta Ujian, 30 menit sebelum tes dimulai peserta sudah harus ada di lokasi tes.

Bagi yang pertama kali mengunjungi Yogyakarta dan bersiap keesokkan harinya untuk ujian, alangkah baiknnya untuk mensurvey lokasi ujian dan kelas ujian. Hal ini sangat berguna untuk mengefektifkan waktu agar tidak ada kata telat untuk ujian besok hari. Karena jika datang terlambat tidak akan mendapatkan perpanjangan waktu dalam mengerjakan soal tes. Rugi banget kan?

Lokasi Ujian di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada : Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur Yogyakarta 55281. Indonesia

Saya sempat membeli satu buku yan berhubungan dengan PAPS di salah satu toko di Yogyakarta sebagai referensi untuk pola soal PAPS.Harga buku yang saya beli 100.000 setelah adanya potongan harga. Pola soal terdiri dari berbagai Sub Tes yang meliputi Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif dan Kemampuan Penalaran.

Anda bisa belajar melihat pola soal di berbagai buku soal UPAPS maupun yang ada di internet. Saya jujur tidak memiliki waktu yang banyak untuk belajar. Wajar kebiasaan jelek saya dengan sistem kebut semalam membuat saya juga hampir ketar ketir, saya mulai belajar H-3 dengan soal yang saya kerjakan 20 soal tiap sub tes. Yang paling terpenting bagaimana Anda bisa memanajemen waktu yang ada untuk menyelesaikan jumlah soal di subtes yang tertera tepat pada waktunya. Di bawah ini bisa didownload salah satu bentuk soal PAPS yang saya dapat dari berbagai website di Internet (Terimakasih telah membantu)

http://www.4shared.com/office/v3ggYnzR/latihan-tpa-snmptn-2011.htmlhttp://www.4shared.com/office/W0xlSF6j/latihan-tpa-snmptn-2012-kode-0.htmlhttp://www.4shared.com/office/YwY6SX1P/latihan-tpa-snmptn-2012-kode-0.htmlhttp://www.4shared.com/office/DGUAoSDs/soal-tpa-snmptn-2009-kode-192.htmlhttp://www.4shared.com/office/tsJTXBcl/soal-tpa-snmptn-2009-kode-392.htmlhttp://www.4shared.com/office/BU6gBSOv/soal-tpa-snmptn-2009-kode-394.html

Alhamdulillah. Walaupun tidak tinggi saya dapat melewati ujian ini dengan baik.

Scan PAPSll

Untuk Sertifikat Hasil Ujian dapat diambil selambat lambatnya 3 bulan. Namun hasil telah keluar biasanya paling lambat 2 minggu setelah hari ujian berlangsung. Tapi kalau saya kemaren seitar 4 – 5 hari setelah ujian hasilnya sudah bisa dilihat. Sertifikatnya dapat diambil di sekeretariat PAPS di Fakultas Psikologi UGM lantai 2. Sertifikat diambil sendiri dengan membawa kartu tes ujian. Tapi bagi yang berdomisili di Sumatra dan telah pulang sebelum hari keluarnya sertifikat. Anda dapat menunjukkan salah satu teman dengan membuat surat kuasa yang ditandatangani ditempel materai 6000 dan kartu tes ujian asli. Ini contoh surat kuasa yang saya buat sendiri. Terimakasih Mba Ida telah membantu mengambilkan 🙂

Scankj
Contoh Surat Kuasa

Adapun Tips yang dapat saya berikan untuk kelancaran anda yang ingin mengikuti ujian PAPS ini :

  1. Datanglah 30 menit sebelum waktu tes. Karna tidak ada penambahan waktu untuk yang datang terlambat
  2. Bagi yang berdomisili bukan di Yogyakarta, alangkah baiknya mempertimbangkan jarak dari lokasi ujian dengan tempat tinggal (hotel) serta transportasi menuju lokasi ujian.
  3. Jangan tidur larut malam, tidak bergadang dan sarapan pagi yang cukup sebelum tes.
  4. Bawalah Kartu Tes yang telah ditandatangani dan ditempel pas foto, Kartu Tanda Pengenal dan Alat tulis 2b (Pensil dan penghapus)
  5. Bawalah Botol minum, kacamata (bila memakai)
  6.  Pelajari Soal TPA khusus UPAPS yang dapat anda dapatkan diberbagai toko buku, kenali pola soalnya minimal 1 bulan sebelum ujian. Buku yang saya beli di SAB Yogyakarta (100.000) plus discount. 
  7. Yang terpenting manajemen waktu dalam menyelesaikan tiap soal

Selamat berjuang 🙂

-NDH_

Leave a Reply

