Keliling Bangkok Seharian (Part 2)

Assalamualaikum,
Perjalanan saya semalam memang melelahkan, namun hari ini saya mesti menyimpan stamina dan energi untuk tetap fit jalan jalan seharian. Berbekal roti, minum dan payung ditas. Saya dan saudara saya mulai bergerak pukul 08.00 pagi.

Inilah rute perjalanan saya dan saudara saya pada hari ini :
1. Grand Palace
2. Wat Pho
3. Wat Arun
4. Chao Praya Market
5. Madamme Thusaud
6. Siam Discovery
7. MBK Centre
8. Patpong Night Market
9. Asiatique Riverfront

08.00 – 09.00. Dari penginapan kami, kami hanya tinggal berjalan sekitar 20 – 30 menit menuju Grand Palace. Dari penginapan kami mesti berjalan memutari arah jalan besar. Dan akhirnya sampai di Grand Palace.

Tampakan Luar saat masuk kawasan Grand Palace,
tinggal berjalan sedikit lalu belok kiri untuk masuk gerbang Grand Palace
Entrance Fee 500 bath per orang

Ini dia Pintu Keluarnya Grand Palace

Bagi yang ingin berkunjung Grand Palace, mereka sangat memperhatikan penampilan dalam berpakaian. Diharapkan untuk memakai baju ( boleh lengan pendek dan panjang) tertutup dengan bawahan rok panjang atau celana. Celana ini tidak boleh legging (terlihat lekukan kaki). Saya kebetulan karena memakai gamis. Aman-aman saja untuk masuk kawasan ini.
Saat masuk  Grand Palace, kita diberikan selebaran yang berisi tentang objek – objek yang bisa dikunjungi dan dilihat di Grand Palace, Saya mendatangi beberapa objek yang cukup terkenal. Di selebaran tersebut juga ada sejarah dan penjelasan beserta peta kawasan grand palace, lengkap deh.

FYI, sewaktu saya berada di Bangkok, Bangkok sedang dirundung duka selama satu tahun ini dengan meninggalnya Raja Thailand yang paling dihormati yaitu Raja Bhumibol. Saya melihat warga Bangkok semuanya berpakaian hitam dan beberapa sarana pelayanan publik juga dibatasi sebagai bentuk penghormatan terakhir dari kepemerintahan raja ini. Dibeberapa sudut kota dan dinding – dinding terpampang foto raja ini

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada usia 88 tahun, Kamis (13/10).

Raja akan digantikan oleh Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn. Thailand menetapkan masa berduka selama satu tahun dengan pengibaran bendera setengah tiang selama 30 hari.
Inilah sejumlah poin tentang Raja Bhumibol:
  • Raja terlama di dunia dan memegang tahta sejak 9 Juni 1946
  • Ia dianggap sebagai pemersatu dan menjaga kestabilan Thailand selama memerintah, dan telah menghadapi 19 kali kudeta militer dengan lebih banyak lagi perdana menteri.
  • Dalam dua tahun terakhir ini, Raja Bhumibol lebih banyak di rumah sakit dan jarang tampil di depan umum.
  • Raja Bhumibol sangat dihormati oleh rakyat Thailand.
2. Wat Pho

11.00 – 12.10 Setelah saya dan saudara saya keluar dari Grand Palace, Saya melanjutkan perjalanan di kawasan Grand Palace, Saya mengitari Grand Palace untuk menuju Wat Pho. Bagi yang ragu – ragu bisa bertanya dengan polisi di sekitar kawasan grand place, mereka sangat membantu dengan bahasa inggris yang cukup dimengerti.
Sekitar 15 menit, saya berjalan kaki dan tibalah di Wat pho.Saya membayar 100 bath untuk masuk di kawasan ini

Jangan lupa untuk menukarkan tiket dengan satu botol air minum. Lumayan kan!!
3. Chao Paraya – Wat Arun
(11.30  – 12.30 )  Dari Wat Pho, Saya berjalan sekitar 10 menit menuju Wat Arun. Sebelum memasuki Wat Arun, Ada Chao Praya Market, disini saya membeli souvenir oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Seperti gantungan kunci 6 buah 100 bath, berbagai tas dan aksesoris lainnya. Saya juga memutuskan untuk makan nasi goreng ayam disini dahulu dengan harga 80 bath.

Fried Rice Chicken 80 bath

 Untuk memasuki kawasan Wat Arun, Saya mesti menaiki Boat yang harganya 4 bath per orang per kali jalan.Sehingga kita butuh 8 bath untuk pulang pergi. Durasi penyebrangan sekitar 5 menitan. Untuk memasuki Temple Wat Arun sekitar 50 bath.

4. Siam Discovery – Madame Tussaud(13.00 – 14.00)

Dari Wat Arun ke Siam Discovery cukup jauh. Sehingga kita butuh kendaraan umum buat mencapainya. Saya memilih Tuk Tuk untuk mencapai ke Siam Discovery. Untuk menaiki ini jangan langsung duduk aja. Tawar dan nego dulu. Dari Kawasan ini ke Siam Discovery ini saya membayar 150 bath/ 2 orang setelah bersusah payah untuk menego dengan supir tuk tuknya.

Tibalah  di Siam Discovery. Saya melewati Skybridgenya dan langsung menuju ke Lantai 6 menuju Madame Tussauds. Tiket untuk masuk ke Madame Tussauds ini  sekita 999 bath. Disini ada berbagai boneka salah satunya Soekarno 🙂

5. MBK Centre (15.00 – 18.30)

Setelah selesai berputar – putar mengelilingi Siam Discovery, saya turun menuju BTS Station. Saya membeli tiket BTS single journey pass sebesar 180 bath.

Disini lah tempat dimana bagi yang mau beli baju dan snack mendapatkan berbagai penawaran diskon. 🙂 Thailand sangat menjunjung hasil olahan produk lokalnya seperti buah – buahan kering. Sehingga banyak sekali tersedia mulai dari longan dried, banana solar dried sampai dengan fruity soap yang harus kalian coba  dan dibawa sebagai buah tangan untuk pulang. Harganya juga bervariasi mulai dari 69 bath – 200 bath.
6. Phatpong Night Market
(19.30 – 20.10)  Saya menaiki BTS dari MBK Center ke Sala Daeng Station. Dari sini saya berjalan kedepan dan menyebrang jalan sebelahnya. Tibalah di Phatpong Night Market. Harga souvenir dan aksesoris ini jauh lebih mahal dibandingkan Khaosan Night Market. Namun tetap masih bisa tawar menawar melalui kalkulator. Di beberapa website banyak mereview kawasan ini sebagai RED LIGHT DISTRIC nya Bangkok. Memang disamping pasar ini persis terdapat bar – bar yang menyajikan penari – penari telanjang didalamnya. Tapi tenang kita harus ke barnya dulu. Kalau mau cuci mata dipasarnya sih ga masalah.
Transportasi : Turun di BTS Sala Daeng station diatas Silom Road

7. The Asiatique Riverfront
(20.40 – 22.00) Setelah puas berbelanja, saya menunaikan tempat saya yang paling terakir yaitu The Asiatique Riverfront. Saya naik ke Saphan Taksin Station, turun ke Sathorn Pier dan Naik Suttle Boat gratis ke Asiatique. Di Asiatique menawarkan baju yang cukup murah dan makanan makanan yang enak. Rugi sekali untuk melewatkan yang satu ini. Saya memang sengaja menyediakan waktu untuk kesini memang di malam hari, walaupun memang susah untuk akses ke balik pulang namun saya bisa melihat pandangan malam yang super romantis dengan shuttle boat dan cruise 🙂

Kami pulang menuju BTS National Stadium dan langsung menaiki Tuk tuk untuk turun di Khaosan Road seharga 150 bath (22.10). Hari ini benar – benar melelahkan, namun setelah sampai di Khaosan Road, kami pun menyempatkan makan Padthai di Khaosan Road dengan harga 50 bath diiringi dengan suara bule – bule menyanyi. hehe benar – benar melelahkan namun  sangat antusias. Kami tinggal bersiap siap untuk pulang esok hari dengan menggunakan Maskapai Malaysia Airlines dan Air Asia.

Bila ada yang dikoresi, tinggalkan komennya yah.

(Bangkok, 10 – 12 Januari 2017)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s