Keliling Bangkok Seharian (Part 1)

Assalamualaikum.
Punya waktu cuman seharian buat liburan? Sehari buat  keliling Bangkok? Bisa ? Harus bisa..itulah yang saya alami berdua dengan saudara saya. Jangan takut. Pastikan tujuan destinasi yang diinginkan di Bangkok . Insyallah Bisa. yah walaupun badan pegal – pegal tetapi tetap hati senang. Bangkok dikenal sebagai negara yang ramah turis dan kaya akan wisata perbelanjaannya. Tidak salah banyak turis berdatangan termasuk dari Indonesia untuk mampir berbelanja disini.

Alhamdulillah..Saya mendapat kesempatan untuk memenuhi keinginan saya untuk bisa ikut berkeliling ke Bangkok, walaupun waktu yang saya punya bisa dibilang sangat ingkat. Awalnya saya ragu bisa ikut apa tidak karena saya terbentur dengan kepengurusan paspor saya yang habis masa berlakunya. Alhamdulillah..setelah saya urus, finally I got it.   Nb: Cara melakukan pendaftaran Paspor Online disini

Saya memilih rute Pekanbaru – Kuala Lumpur – Bangkok. Nah.. karena pesawatnya emang tidak connecting, sangat disarankan untuk benar – benar memperhitungkan jam kedatangan, jam penerbangan serta bandara yang akan dinaikin. Berikan jarak 4 – 5 jam selang antara jam kedatangan pesawat pertama. Karena kalau tidak bisa – bisa tiket penerbangan yang satunya lagi bakal hangus karena masalah delay dan akomodasi. Saya naik maskapai Air Asia pukul 10.45 wib PKU – KUL dengan durasi penerbangan 50 menit dan saya memilih maskapai Air Asia pukul 17.00 KUL – THAI dengan durasi penerbangan 2 jam. Waktu Kuala Lumpur lebih cepat satu jam sementara waktu bangkok hampir sama dengan Indonesia
Sediakan beberapa peralatan tempur yah. seperti kacamata, payung dan kaus kaki 🙂
Akhirnya saya tiba pukul 7 malam waktu thailand di Bandara Don Mueng, Bangkok.Tugas saya untk mencari transportasi untuk menuju ke penginapan. Saya telah membooking guest house di area Khaosan Road. Silahkan berjalan di N11 kearah kiri setelah keluar dari gate kedatangan luar negeri bandara, kita akan melihat front desk yang khusus menyedikan bus yang langsung menuju Khaosan Road dengan membayar 150 bath. Tinggal ikuti instruksi pegawainya, tinggal naik bus. Durasi perjalanan sekitar setengah – 1 jam.
Pukul 07 malam tiba di Don Mueng Bangkok
AOT Bus yang langsung mengantarkan ke Khaosan Road (harga 150 bath)
Bangkok Map
Akhirnya saya diturunkan di Khaosan Road. Saya sarankan untuk mengambil peta Thailand untuk memudahkan kita menjangkau sesuatu. Disini lah saya kena tipu dengan supir taxi. Entah karena hari sudah malam atau badan yang sudah lelah. Saya memutuskan untuk naik taxi ke penginapan. Saya membayar 150 bath (55.500 IDR) langsung diantar ke penginapan, yang setelah saya kenali, ternyata jarak dari tempat saya diturunkan pertama oleh bus sampai dengan penginapan tidak terlalu jauh, bahkan sangat dekat ( Petchaburi Road).  wah saya dibawa mutar – mutar ternyata. Geli sendiri tapi cukup kesal sih tapi yah sudah lah.. 🙂 Nb. 1 bath = 370 rupiah
Khaosan Road
1 Bath = 370 Rupiah
Saya menginap di Sawasdee Smile Inn ( Chao Fad Road) dengan biaya kamar 400 bath satu malam.Kami membooking dua malam dengan total biaya 800 bath (296.000 IDR) Kawasan ini memang ramai sekali dengan food streetnya dan kamarnya memang tidak begitu besar, namun cukup bersih untuk ditinggali. Oh yah. Untuk penginapan di bangkok, kalau mau aman memang memesan online jauh – jauh hari di Indonesia. Tapi kali ini saya tidak memesan online, saya coba memesan langsung (on the point) satu kamar tanpa proses booking sebelumnya.Alhamdulillah masih ada kok.Jangan khawatir  tidak mendapatkan kamar di bangkok karena alasan full atau apalah, karena jumlah guest house di Bangkok sangat banyak. Satu lagi kami mendapat harga yang memang lebih murah dari harga yang saya liat di beberapa situs book hotel online. Ga tau juga ya kenapa? namun bagi yang mau semuanya aman, apalagi berlibur bersama keluarga, lebih aman untuk membooking terlebih dahulu.Jangan ikuti kami ya 🙂
Setelah berberes. Saya dan saudara saya memutuskan untuk mencari makanan diluar jajanan food streetnya) dan melalang buana ke Khaosan Road. Buat yang mencari makanan yang halal disini susah susah gampang. Untuk food court dan beberapa restoran baik itu yang high brand maupun resto pinggir jalan menyajikan pork. Sebagai amannya, kalian bisa mencoba makanan food street Padthai, spring roll dengan harga terjangkau, atau bisa langsung ke resto india/arab. Sayangnya beberapa pegawai resto sukanya tidak memberitahu pelanggan (seperti saya yang memakai hijab) kalau restonya ada porknya. Mungkin karena komunikasi mereka yang sulit dalam bahasa inggris.
Tidak beberapa jauh, kami menemukan jajanan yang wajib di coba di Bangkok. Harganya murah dan cukup diterima lidah. Namanya PadThai ( Bisa pakai telur, udang,dll) harganya bervariasi dari 30 – 50 bath per porsi. Murah dan mengenyangkan bukan? Tidak hanya itu saya juga ikut mencoba Mango Sticky Rice yang membuat saya sangat jatuh cinta, apalagi dengan mangga Bangkok yang super enak dan manis. Harganya saya beli 50 bath per porsi 🙂
Padthai

Food Street

Mienya bisa milih

Mango Sticky Rice. Saya beli di Khaosan Road ( harga 50 bath)

Mango Sticky Rice. Saya beli di Suvarnabhumi Airport (harga 150 bath)
Tampakannya beda tapi rasa mangganya sama aja. Manis dan lezat

Saya dan Saudara saya berkeliling di Khaosan Road. Didaerah ini  memang dikenal sebagai daerah kawasan backpacker, jadi banyak sekali bule – bule berkeliaran yang makin malam makin ramai. Disini nih namanya KHAOSAN NIGHT MARKET. selain menjajakan food street, bar – bar dan aneka pernak pernik serta souvenir yang harganya terjangkau. Diujung Khaosan Road saya mencoba juice pomegrande dengan harga 50 bath yang segar dan manis. Love it.
Kami memutuskan membeli beberapa souvenir seperti T-Shirt khas Bangkok dengan harga 150 bath per item dan beberapa kebutuhan pribadi di 7eleven.
Cannot wait for tommorow!!
Biaya Hari ini
-Fee Taxi 150 bath
– Penginapan Guest House 2 malam 800 bath
– Padthai 1 porsi 30 bath
– Mango Sticky Rice (Khaosan Road) 50 bath
– Pomegrande Juice 50 bath
– Mineral Water 5 bath
– Tshirt 1 buah 150 bath
Leave a Reply

