Donor darah saat puasa? (On air)

Salam puasa. Senang sekali rasanya untuk dapat membantu orang lain. Khusus bila mencari pahala yang besar di bulan yang penuh barokah ini.  Apalagi membantu terhadap orang lain yang sangat membutuhkan. wes. pahalanya insyaallah dilipat gandakan amin.

Apa saja sih amalan kecil yang bisa membuat pahala yang besar? salah satunya ya ini. Donor Darah. Terlihat sepele namun sangat simpel, save life dan dibutuhkan. Jangan fikir darah yang didonasikan tidak beharga sama sekali, justru sebaliknya.

Kemaren saya baru selesai mengisi acara ngabuburit di RRI 88,4 FM bersama CIMSA FK Universitas Riau mengenai donor darah. Secara memang sangat senang dalam dunia on air-an.Saya senang bisa dapat berbagi ilmu dari apa yang saya punya. Bagi yang belum sempat menyimak kemaren,sedikit saya rangkumkan penjelasan mengenai donor darah. Banyak sekali yang bertanya :

Kepengen sih donor darah, tapi inikan bulan puasa, apa boleh?

Jawabanya : ya boleh saja. Tidak ada larangan untuk mendonorkan darah saat puasa. Asalkan terpenuh persayaratan mutlak dan  lolos dalam tahap konsultasi dokter. syaratnya sehat secara jasmani dan rohani (tidak ada penyakit psikologis atau penyakit jasmani lainnya seperti demam dll), rentang umur 17 – 65 tahun, bisa laki- laki dan perempuan, BB minimal 45 kg, rentang hemoglobin 12 – 17g%, rentang tensi darah dbn serta menjarakkan interval waktu mendonor dari waktu donor sebelumnya (kira-kira 2.5 bulan – 3 bulan).

Khusus di bulan puasa. Tidak terlalu muluk persyaratannya asalkan cukup makan bergizi saat makan sahur  dan berbuka puasa satu hari sebelumnya. Kemudian diharapkan cukup tidur satu hari sebelumnya ( bukan dalam keadaan bergadang semalam) dan tidak ada dalam keadaan sakit seperti demam, dll

Apa sih manfaat donor darah itu?

Manfaatnya dapat dirasakan oleh  penerima donor dan pendonornya sendiri. Untuk penerima donor selain hidupnya terselamatkan dan kesehatannya pun mulai membaik. Untuk pendonor sendiri, timbul rasa psikologis bisa membantu menyelamatkan jiwa orang lain, membantu dan mendukung program nasional mendonor darah, bisa screening kesehatan gratis lebih awal serta bermanfaat untuk tubuh sendiri sehingga membuat tubuh lebih segar dan bugar.

Untuk mendonor darah ada serangkaian proses yang mesti dilalui. Pendaftaran peserta – Screening kesehatan – konsul dokter – pengambilan darah – proses pengolahan darah ke paket darah – bisa dipergunakan.

Kesadaran diri sendiri sangat diperlukan dalam mendonor darah ini, berbagai macam penyakit yang diungkap dari peserta donor sangat membantu sekali dalam konsultasi. Adapun berbagai penyakit yang patut jadi bahan pertimbangan seperti riwayat tensi tinggi, penyakit gula, penyakit jantung, kehamilan dan menyusui. Tinggal konsultasi dokter yang menentukan apakah proses mendonor diperbolehkan, ditundan atau tidak sama sekali

Ada beberapa pertanyaan dari pendengar radio dirumah :

Apakah donor darah bisa membuat tubuh kita lebih gendut atau kurus?

Sebenarnya tidak ada kaitan donor darah dengan perubahan bentuk tubuh ya. Namun memang pada orang yang secara berkala rutin mendonorkan darah, sistem pergantian sel darah merah di tubuhnya akan baik ( karena sel darah merah akan berganti satu kali dalam 75 hari. Sehingga membuat metabolisme tubuh lebih baik dan membuat seseorang merasa fit dan segar. hal ini mungkin memberikan pengaruh ke nafsu makan sehingga memberikan pengaruh ke bentuk badan. Namun hal ini tidak selalu terjadi di setiap orang.

Apa sih yang membuat angka donor kita sedikit?

Ada momok atau mitos  ” kita akan kehabisan darah” serta takut jarum suntik yang mesti kita berantas. Hal ini hanya pemikiran awam saja. Karena tubuh kita tidak akan pernah kehabisan darah dan jarum yang digunakannya sekarang tidak lagi besar – besar.

Apa sih tips buat yang mau mendonorkan darah selama puasa?

  • Mesti makan sahur ( tidak hanya minum susu atau sebagian kecil jumlah makanan) – diharapkan makan sahur lengkap dengan nasi dan lauk
  • Minum air putih lebih banyak dari hari yang biasanya – yang berguna membantu menambah jumlah cairan tubuh
  • Tidur yang cukup ( tidak dalam keadaan bergadang  semalaman) – 8 jam sehari waktu tidur
  • Tidak ada larangan untuk mendonorkan darah selama siang hari atau malam hari. Namun bagi yang agak takut memiliki efek lemas dan pusing setelah donor, bisa dicoba untuk mendonorkan darah saat malam hari.

So, tidak adalagi kata – kata untuk membatasi kita mendonorkan darah bahkan saat bulan puasa. Malah hal ini bisa menjadi usaha kita dalam kebaikan.

Terimakasih atas undanganya.

13410908_10208560488761181_16481164_o
bersama penyiar Radio RRI yang menemani, Dede dan Deya
13396555_10208560481641003_335355186_o
Setelah selesai siaran

Bagi yang mau bertanya perihal donor darah dan masalah kesehatan lainnya, bisa via email : indahputri2409@yahoo.com atau dikolom komen. Terimakasih

-Ndh-

 

 

 

Advertisements

One thought on “Donor darah saat puasa? (On air)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s