Tips Mengurus Cepat Mutasi ke BPJS Mandiri

Salam!

Hari ini saya cukup bertungkus lumus untuk mengantri cukup panjang  untuk mengurus jaminan sosial saya. Yap. BPJS pastinya! kebetulan saya pernah didaftarkan menjadi anggota BPJS korporasi bersama keluarga namun peraturannya bila usia anak > 21 tahun, keanggotaannya langsung di nonaktifkan. Tapi bukan berarti jadi harus daftar baru lagi ya. Tinggal hanya di mutasikan ke BPJS Mandiri dan diaktifkan. Permasalahannya saya mesti antri panjang.

Di area Pekanbaru. Alhamdulillah saya pergi dan menunggu di kantor cabang Pekanbaru selama kurang lebih 1 jam setengah. cukup singkat dari sekian banyak orang. Bagi yang kasusnya sama dengan saya atau ingin berkutat mengurus segala macam berkaitan dengan kantor cabang. Saya memberikan beberapa tips khususnya yang berada di Kota Pekanbaru

  1. Sebelum hari H mau mendaftar sempatkan untuk ke kantor bpjs pagi. Hari ini tidak usah ikut mengantri cukup tanya persayaratan dan ambil formulir. Ini bagi kasus – kasus yang agak ngejelimet. Karena mesti tanya sana sini, tujuannya besok dihari H kita tidak terlalu lama menunggu. Namun bila sudah bisa memastikan persyaratannya apa saja. Boleh di hari H langsung datang dan mengisi formulirnya.
  2. Di Hari H, persiapkan semua persyaratan. Saya kebetulan dibantu untuk “memesan tempat duduk” di kantor pusat BPJS ini. Teman saya datang sekitaran pukul 7 kurang untuk memesan tempat duduk. Namun nomor dibagikan pukul setengah 8. Diharapkan bagi yang bertempat tinggal jauh agar menyegarakan berangkat lebih awal. Bagi yang datang pukul 09.00 keatas nomor antrian sudah penuh dan tidak akan dilayani. Selain itu bila sudah dapat nomor antrian, mohon didengar baik baik karena bila terlewat kita mesti ulang dari awal.
  3. Bagi orang yang daftar baru atau dengan kasus mutasi seperti saya. Persyaratan yang dipersiapkan yaitu Formulir yang telah diisi lengkap dengan PASFOTO 3×4 warna DITEMPEL DIBAWAHNYA ( hati hati dengan foto yang tidak ditempel, di kantor ini tidak menyediakan lem, termasuk saya yang mengalaminya. Untungnya saya disuruh mengelem dulu fotonya lalu mengantarnya langsung ke CSnya. Kalau saya disuruhnya ulang antrian lagi bisa gawat. 🙂 ) Bagi yang tidak bawa lem bisa langsung beli ke Alfamart di sebelah kantor ya.
  4. Persyaratan lainnya. Jangan lupa membawa fotokopi kartu keluarga, KTP dan kartu BPJS yang lama (jika ada) semuanya 1 lembar. Kalau saya menyarankan bawa fotokopinya saja. saya takut hilang bila bawa yang asli.
  5. Lalu Jangan lupa bagi yang ingin memilih BPJS kelas I dan II agar melampirkan fotokopi buku tabungan (BNI/BRI)
  6. Jangan lupa sedia pulpen dan lem ya. 🙂
  7. Kalau saya menunggu sebentar kartunya sudah langsung jadi dan langsung aktif. Tinggal dilakukan pembayaran di ATM atau otlet terdekat. Bagi pendaftar baru mesti nunggu 14 hari untuk kartu menjadi aktif
  8. Semoga sukses
4 thoughts on “Tips Mengurus Cepat Mutasi ke BPJS Mandiri

Leave a Reply

