Apakah ASMA penyakit menular ?

Hi. Postingan kali ini kita membicarakan mengenai asma. Banyak ternyata orang masih bertanya kepada saya, apakah asma penyakit menular? suka kambuh – kambuhan? disini ini mari kita bahas sedikit mengenai asma.

Asma itu adalah penyakit dimana saluran pernafasan menyempit dan meradang, yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan bernafas. Gejala awalnya terdengar nafas berbunyi, sesak nafas, dada seperti tertekan dan batuk. Biasanya terjadi pada tengah malam atau menjelang dini hari.

Asma BUKANLAH PENYAKIT MENULAR. Jadi tidak akan menularkan dari penderita ke yang lain. Sebagian besar penderita asma disebabkan adanya faktor riwayat yang sama di keluarga.

Kenapa asma bisa terjadi?  ada namanya faktor yang menyebabkan timbulnya gejala asma dan bahkan ada faktor pemberatnya. Pada setiap individu berbeda – beda faktornya, sehingga perlunya diidentifikasi secara lebih awal apa yang dapat memicu timbulnya sesak. Sebagian teori menjelaskan faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gejala asma, seperti : Tungau, Olahraga atau kelelahan fisik, Alergi terhadap debu/bulu, Pencemaran udara, kendaraan, asap, kemudian perubahan cuaca, udara dingin dan kering, serta adanya infeksi saluran pernafasan seperti batuk

Apakah asma bisa disembuhkan? Asma tidak dapat disembhkan, tetapi asma dapat dikontrol sehingga asma tidak timbul dengan serangan yang berat. Karena pada saat asma terkontrol, anda bisa melakukan apapun aktifitas seperti bekerja, tidur lelap dan terbebas dari sesak.

Penting ya untuk mengontrol asma? Sangat penting. karena asma yang terkontrol berarti penderitanya memiliki kesempatan yang sama untuk terbebas dari sesak nafas dan dapat melakukan aktifitas selayak nya orang normal

Bagaimana cara mengontrolnya? Yang paling utama dengan mengenali dan menghindari faktor pemicu timbulnya asma, Lalu gunakan obat – obat asma yang telah diberikan, Knjungi dokter minilam 2 – 3 kali setahun untuk check-up walaupun tidak ada masalah dengan pernafasan anda, serta mengetahui gejala awal dari perburukan sehingga mengetahui tindakan pertolongan pertama.

 

Mudah-mudahan bermanfaat.. 🙂 -ndh-

Advertisements

2 thoughts on “Apakah ASMA penyakit menular ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s