Langkah Pintar Cegah Diabetes

Hi. Postingan kali ini akan bercerita tentang seluk beluk diabetes. Apakah ada yang belum tahu mengenai diabetes? saya rasa diabetes atau penyakit kecing manis sudah sering sekali kita dengar dikalangan penyakit- penyakit “masa kini”. Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan pola hidup sedentari alias malas gerak. duh.. kepikiran sendiri, bagaimana ya langkah pintar untuk mecegah diabetes ini?

Sebelumnya akan dipaparkan terlebih dahulu, apakah diabetes itu? dan sebenarnya apa sih penyakit ini? apa semua penyakit kecing manis terus dikaitkan dengan potong kaki? atau bapak si ini menderita gula basah dan kering. Yuk buang mitos – mitos yang tak berujung, mari cerdaskan rakyat.
Diabetes Melitus (Kencing Manis) merupakan keadaan kadar gula tinggi didalam darah secara menahun, karena menahun pastinya diderita sangat lama. Hanya saja penyakit ini silent killer alias membunuh dalam diam, tampak masih sehat tetapi sebenarnya kita telah terancam detik demi detik.

Diabetes ini ada 2 tipe. DM tipe 1 dan DM tipe 2. Tidak ada lagi yah. pembagian gula basah dan kering. Nah.

Koma-Diabetik.jpg
sumber : http://www.portalkesehatan.com

DM tipe 1 ini merupakan diabetes yang tergantung insulin. Artinya insulin yang dihasilkan tubuh produksinya kurang atau bahkan tidak ada. Jadi, penderita DM tipe 1 ini memang membutuhkan suntikan insulin terus menerus selama hidupnya. Hal ini terjadi memang sel beta pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin itu hancur oleh karena proses autoimun. Sementara insulin harus ada guna sebagai transportasi makanan bisa masuk ke jaringan atau sel. Biasanya diderita oleh orang muda bahkan anak – anak.

DM tipe 2  merupakan diabetes yang tidak tergantung insulin, insulin yang dihasilkan cukup namun tidak cukup dalam pemenuhan karena ada proses resistensi insulin dimana insulin tidak bekerja secara maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh pola hidup yang sedentari. Sebagian besar (90-95%) penderita diabetes berujung penyuntikan insulin walau kerja dan maksudnya sama.

Apa sih gejala Diabetes?

Gejala Awal :

– Banyak minum (polidipsi)

– Banyak kencing (poliuri)

– Banyak makan (polifagi)

+ dengan memeriksakan gula darah . Untuk pemeriksaan gula darah ini, berbeda hasil normal dan tingginya, tergantung saat kapan dilakukan pengambilan darahnya. Apakah saat puasa ( artinya tidak makan selama 8 jam), saat sewaktu ( kapan saja) atau 2 jam post prandial (2 jam setelah makan). Batasnya berbeda.

Bagusnya, memeriksakan gula darah saat dalam keadaan berpuasa. Batas normalnya < 126 mg/dl . Namun jika ingin memeriksakan gula darah sewaktu, batas normalnya < 200mg/dl

DM tipe 2 ini lebih banyak terjadi melihat perubahan pola hidup di masyarakat yang sedentarian. DM ini terjadi karena resistensi insulin. Cerita mudahnya begini, diumpamakan saat kita makan, kita membutuhkan tangan/sendok serta mulut untuk memasukkan dan mengunyah makanan. Begitu halnya satu sel yang hendak makan juga membutuhkan insulin dan pintu masuk sel agar selnya makan. namun pada DM yang terjadi adalah makanan yang banyak tidak dapat di makan oleh sel dikarenakan insulin kunci pembuka pintu sel itu  tidak lagi bisa bekerja baik karena ada proses resistensi oleh insulin. Sehingga bisa dikatakan makanan banyak namun sel terasa terus lapar karena tidak bisa memenuhi kebutuhan.

Waspada !!

  • Pada Usia diatas 40 tahun.Hasil penelitian diabetes sering dijumpai pada penderita yang telah melewati usia 40 tahun
  • Kegemukan. Kegemukan berpotensi untk merubah fungsi jaringan tubuh, termasuk sel beta pankreas yang memproduksi insulin
  • Keturunan yang terkena diabetes, memiliki kemungkinan besar terkena diabetes

Komplikasi

Diabetes ini merupakan penyakit metabolik, tentunya banyak sekali berkaitan dengan metabolik yang mengenainya. Bisa megenai berbagai organ sampai saraf ujung ujung kulit. Tidak jarang akan ditemukan kebas kebas di jari kaki atau tangan nantinya.

Yang paling penting untuk DM, jangan biarkan kaki sebagai bagian yang menahan tahanan bobot badan paling berat menjadi luka, karena luka yang biasanya terjadi pada penderita DM susah untuk sembuh. Disamping pembuluh darah nya kurang untuk membantu proses penyembuhan luka sampai dengan sensasi nyeri yang berkurang walaupun kaki sudah luka besar. Sehingga perawatan kaki dan tangan sedini mungkin sangat berguna

S0, Apa yang mesti harus dilakukan ?

  • Diet. Katakan tidak untuk cepat saji. Pilihan untuk jogging, berjalan dan bersepeda merupakan kegiatan yang mudah dan sering dilakukan. Burn your fat! Turubnkan berat badan kamu.
  • Olahraga.Untuk olahraga sangat disarankan sekali agar dilakukan sebagai tindakan pencegahan namun bagi penderita DM juga dapat melakukan olahraga ringan dan tidak memperberat.
  • Kontrol gula dan tensi secara teratur. Biasanya DM dan Hipertensi suka agak barengan. Sehingga perlu diperiksa berkala. Pengaturan gula dan tensi wajib dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.
  • Meminum obat sesai dosis yang dianjurkan. Setelah diperiksa dan diberikan obat, catat dan ingatlah dosis dan waktu pemberian obat.
  • Bagi yang sudah menderita  DM, mulailah untuk memelihara kaki yang ekstra, karena kaki adalah tumpuan terberat tubuh dan pada penyakit DM sebagaian besar penderitanya tidak merasakan sakit, bagaimana caranya? pakailah sepatu tiap kali bepergian, jangan sesekali berjalan ditempat yang bergerigi tanpa memakai pelindung kaki. Selalu dibersihkan kaki dengan air biasa tidak dengan air es ataupun dengan air hangat.
  • Jika meminum obat gula yang bersifat menurunkan kadar gula didarah, untuk makan tidak ada dibatasi, diharapkan makan sesuai seperti biasanya. Karna bila tidak dibarengi dengan makan yang adekuat, proses penurunan kadar gula darah yang tiba tiba bisa terjadi dan efeknya dapat terjadi penurunan kesadaran.

Semoga kita semua terhindar dengan penyakit seperti ini.

-ndh-

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s