[Repost] Tips Ujian Ala INPUT

Hi..bagi kamu anak kedokteran atau pun bukan, namanya ujian tetaplah ujian dan ujian haruslah belajar. selamat bergeming ria dengan segumpelan diktat mu. Masa ujian adalah memang masa yang paling membosankan. Perasaan dimana ingin sekali mempercepat waktu untuk menyelesaikannya bahkan memindahkan waktu untuk menghindarinya.

Sebenarnya hal ini tidak jauh beda dengan yang saya alami. Bahkan orang lainpun juga begitu.Β  Terlebih saya termasuk orang yang tidak begitu “kinclong” dalam masalah otak. Tapi.. saya ada beberapa “Trips”. pastinya Trips ini insyallah membuat kamu – kamu bakal yaaa.. nggak beti(beda tipis) ama nasibΒ  saya sekarang hahaha.. =_=” (#nasibhinasks)
1. SKS (Sistem Kejar Semalam)

Yah..untuk metode ini siapa sih yang tidak tahu. Sudah 20 tahun saya selalu memakai metode ini jika ada ujian. Mungkin udah membenak dan tercatat di DNA bangsa kita kali yah. Tripsnya gini. kita mungkin boleh SKS. Namun, SKS nya jangan sampai H-7-3 jam yah saat mau ujian. Paling nggak SKSnya dimajuin waktunya jadi h-3 sebelum ujian. Cukup membantu dengan bahan seabrek.

2. Create Algorithm! Bagi kamu yang susah ngafal. Saya termasuk orang yang susah dalam mengafal. Tapi secara analisa mungkin saya sedikit bisa (adalah yang dibanggakan). Nah, bagi yang tipe seperti ini, silahkan untuk menyediakan kertas ama pensil dan langsung buat algoritma atau kesimpulan dari yang dibaca. Biasanya bagi yang tipe nya menghafal, dia bisa menyimpulkan sesuai dengan pemahaman dia. So, bisa mengasah dari kemampuan analisiskan.

3. Lets Do your memory! Bagi kamu yang bisa menghafal ayoo..silahkan hafal.

4. Manage your time.Bagi kamu yang suka ketiduran. Bagi manusia itu, waktu rentannya antar jam 10 – 11, bagi kamu yang suka penidur, usahakan agar jam 10 – 11 malam itu agar beraktifitas dengan menggunakan gerakan motorik kamu. Bukan aktifitas yang menambah kontraksi dan mata kamu. Baik untuk peregangan badan dan mata sekaligus bisa terhindar dari tidur. Jika udah kelewat “jam maut” itu. insyallah bisa bergadang kok.

5. Create your conclusion.Pastikan membuat rangkuman dari yang kita baca

6. Your Prediction, guess? Membuat prediksi, bahan yang akan keluar. Jangan dibaca semuanya!

7. Do not Sleep Lately! Jangan tidur terlalu larut. Istirahatkan badan. Walaupun mata berubah menjadi mata PANDA!!

8. Do not get your snack. Jangan ngemil atau makan dalam mengalihkan ngantukmu. No no no..!!

9.Β  Turn Off Your TV. Jangan nonton dalam mengalihkan ngantukmu..

10. Lets Pray.Bersegeralah sholat pada waktunya. ^_^ mungkin aku nggak begitu jago. Yah..walaupun hasil aku seperti ini. Paling nggak aku punya keberanian buat share sesuatu yang tidak “evidence based” sama sekali hahah.. produk gagal. Ingat..Niat itu penting !! luruskan niat buat belajar yaa..

Advertisements

5 thoughts on “[Repost] Tips Ujian Ala INPUT

      1. Mas Soeman : Iyaa mas bekas kuburan katanya dulu. heheh..tapi sejauh ini masih aman kok mas πŸ™‚ hoho.. kalau masalah ujian, waduh kami yang masih pelajar ini masih banyak direnungi masa masa ini mas. πŸ™‚ maklumin aja yaa mas

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s