Membuka Rezeki dengan Shalat Dhuha

Akhir pekan ini, saya sangat tertarik sekali untuk menimba ilmu dari beberapa buku mengenai sholat dhuha dan sholat tahajud. Semakin saya baca, maka rasa penasaran akan saya dapatkan. Apalagi setelah saya baca, saya tergelitik sambil menganggumi keutamaan sholat-sholat ini. Rasanya menyesal baru kali kesempatan ini menyempatkan waktu untuk memperdalam hal-hal ini.

Awal kalimat yang saya ingat yaitu.

“Setiap Insan Punya Kesempatan Untuk Kaya dan Bahagia”

Bagi seluruh manusia, memiliki kekayaan yang berlimpah dan mengalami kebahagiaan itu adalah keinginan pokok yang dikumandangkan disetiap sholatnya. Siapa sih manusia yang tidak ingin seperti itu? jawabnya mustahil yang tidak ingin.

Setiap doa yang berkumandang keinginan ini, barangkali saja tidak cukup. Ternyata, usut punya usut, Sholat Dhuha inilah yang menjadi kunci terwujudnya keinginan ini. Banyak waktu yang kita perlukan untuk mencari nafkah dan ilmu, tetapi kuncinya sendiri untuk meraih tersebut tidak kita pahami dan penuhi, bagaimana pekerjaan kita itu dikatakan tidak sia – sia.

Mungkin sebagian manusia lain berucap, saya saja tidak sering sholat beginian tapi tetap saja kaya. kita tidak tau sampai kapan rezeki itu akan mengalir dan mudah untuk kita dapatkan, tidak tau sampai kapan kita dapat merasakan kebaagian. Sholat ini juga lah yang menjadikan penjaga harta bagi orang – orang yang telah merasa berkecukupan. Amalan inilah yang akan membantu kita tidak hanya menjaga rezeki di dunia juga di akhirat. Amalan ini yang senantiasa akan selalu menjaga rezeki rumah indah kita yang terbuat dari emas  di syurga kelak. Siapa yang tidak mau? Ternyata tidak hanya ini saja keutamaannya.. Yuk diintip dulu Seluk beluk Dhuha. Agar kita mulai tergelitik mencoba mengamalkannya.

imagesShalat Dhuha itu adalah ?

Shalat Dhuha merupakan salah satu diantara shalat – shalat sunah yang sangat dianjurkan Rasullulah SAW. Dalam hadis riwayat Bukhari dijelaskan Rasullulah berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan aku tinggalkan sampai mati yaitu puasa tiga hari pada setiap bulan (ayyam al-bidh’), shalat dhuha dan sholat witir sebelum tidur.

Hukum Shalat Dhuha ? Hukumnya adalah sunah, dengan kata lain amalan shalat sunah yang kedudukannya mendekati kedudukan amalan shalat wajib

Kapan Waktu Shalat Dhuha?  Waktu pelaksanaan shalat dhuha diperkirakan mulai dari jam 9 sampai dengan jam 11 pagi menjelang zuhur, yakni ketika matahari terasa mulai panas.

Berapa Jumlah Rakaat Shalat Dhuha? Tidak seperti shalat-shalat wajib yang telah ditentukan rakaatnya masing-masing, shalat sunah Dhuha tidak memiliki ketentuan yang tegas mengenai rakaat. Namun demikian shalat dhuha dapat dilakukan minimal dua rakaat hingga delapan rakaat atau dua belas rakaat.

Saya tergelitik dengan berbagai kedudukan orang-orang yang gemar melaksanakan shalat dhuha berdasarkan dengan jumlah rakaatnya :

– Orang yang mengerjakan dua rakaat shalat dhuha akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai

– Orang yang mengerjakan empat rakaat shalat dhuha akan tercatat sebagai ahli ibadah dan gemar berbuat hal yang terbaik

– Orang yang mengerjakan enam rakaat shalat dhuha akan terjaga dari perbuatan dosa sepanjang hari itu dan akan tercatat diantara orang-orang yang taat

-Orang yang mengerjakan delapan rakaat shalat dhuha akan tercatat sebagai orang yang taat dan juga dicatat diantara orang – orang yang sukses

– Orang yang mengerjakan dua belas rakaat shalat dhuha akan dibuatkan sebuah rumah indah yang terbuat dari emas di surga kelak

Jadi, yang mana keinginan kita?

Apa saja keutamaan Shalat Dhuha?

1. Shalat Dhuha memilik nilai seperti nilai amalan sedekah yang diperlukan 360 persendian tubuh kita dan orang yang melaksanakannya akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak jumlah persendian tersebut

2. Seseorang yang melaksanakan Shalat Dhuha akan dijanjikan pada awal hari tercukupi semua kebutuhannya sampai dengan akhir hari. Yang dimaksud disini yaitu rezeki

3. Shalat Dhuha bisa membuat orang yang melaksanakanya (atas izin Allah) meraih keuntungan (ghanimah) dengan cepat

4. Orang yang bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan  shalat dhuha 8 sampai 12 rakaat akan diberik ganjaran oleh Allah SWT berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak di akhirat.

5. Orang yang melaksanakan shalat dhuha akan mendapatkan pahala sebesar pahala ibadah umrah

6. Shalat dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang senang walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan

7.Orang yang senang melakukan shalat dhuha akan dijauhkan dari siksa api neraka paa hari pembalasan nanti

8. Bagi yang merutinkan shalat dhuha akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak yakni pintu yang dinamakan pintu Dhuha

Agar mudah meraih rezeki, kuncinya adalah takwa. Takwa adalah amalan hamba yang menyebabkan Allah menjadi sayang kepada makhlukNya, sehingga Allah melimpahkan kekeayaan dan kebahagian.

Apa saja amalan yang mendatangkan Rezeki?

1. Banyak beristigfar. ” Barangsiapa yang memperbanyak beristigfar maka Allah SWT akan menghapuskan segala kedudukannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka” HR Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’s, Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Abdullah bin Abbas r.a). Masih tidak ingin rajin – rajin beristigfar??

2. Menjauhkan maksiat dan dosa

3. Berbakti pada orang tua

4. mensyukuri segala nikmat

5. Beriktiar Sekuta tenaga.

6. Bertawakal setelah berusaha

7. Banyak berzikir dan berdoa

Mudah-mudahan rangkaian ilmu – ilmu diatas dapat kita amalkan untuk mencapai tujuan kita di akhirat kelak. Mari berusaha bersama-sama untuk menjadi makhluk-Nya yang terbaik.

Daftar Referensi :

Ust.Zezen. The Power of Shalat Dhuha.  Qultum Medika. 2008. Jakarta

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s