Cara Menempuh Nancy

Setibanya di Paris, Saya yang sendiri dan baru pertama kali menjejakkan kaki di tanah eropa ini tentu saja selalu merasa bimbang, risau dan gundah. Melihat sistem – sistem di negara itu yang wajib kita mengerti dan kita pahami. Pantas saja kalau saya sering merasa bingung dan merasa bodoh sendiri.

Sistem transportasi di Charles de Gaulle Airport ini memang sedikit rumit, setelah kita keluar dari arrival gate, kita di bimbing untuk melewati area – area sesuai dengan arah tujuan kita, pasti bingung kan? awalnya saya bingung sekali dan butuh waktu yang cukup lama untuk memahaminya. Jangan sungkan untuk bertanya, saya menjamin kalau staf di airport ini bisa dihandalkan dalam urusan bahasa Inggrisnya.

Begini sedikit saya jelaskan, bagi penumpang seperti saya yang akan melanjutkan perjalanannya lagi ke Nancy, saya diharuskan untuk turun ke area terminal tertentu dengan menggunakan Transroisy yang telah disediakan. Begitu juga bagi anda yang langsung menuju kota, tentunya akan mencari gate yang menuju kearah tujuan kota. Pada arrival gate, anda cukup untuk mengikuti tanda-tanda tulisan CDGVAL untuk keluar dari arrival gate dan ingin transfer melalui transroisy shuttle. Note : Untuk “Exit” bahasa perancisnya “Sortie”

Ini dia rutenya

N2_N3_shuttle_routesTransroisy akan mentransfer anda ke terminal yang sesuai dengan kearah tujuan anda. Bagi saya yang ingin melajutkan perjalanan ke Nancy, saya memilih pemberhentian untuk menaiki TGV.

Pemesanan tiket TGV ini dapat kita lakukan jauh-jauh hari yang memungkinkan kita mendapatkan harga yang jauh relatif rendah. Seperti saya yang telah memesan 2 bulan sebelum keberangkatan, mendapatkan tiket Paris-Nancy seharga 48Euro. Sebaliknya saat saya akan pulang, saya memesan tiket pada hari keberangkatan saya, Nancy- Paris seharga 100 euro. Fantastik bukan!! jangan coba-coba yah. Semua sistem di perancis sudah terlaksana dengan sistem online. Semua rumah di perancis juga telah dilengkapi dengan wifi pribadi, so..nggak ada kata-kata lagi untuk membooking tiket pas hari keberangkatan.

Di Charles Roisy Pole ini menyediakan dua jenis pembelian tiket, anda bisa membeli dengan menggunakan pelayanan jasa atau dengan menggunakan mesin tiket yang mempergunakan kartu kredit. sama-sama mudah dan gampang, tapi jika anda tidak ingin mengantri, pilihan untuk memesan lewat mesin tiket dapat dipertimbangkan.

billetterie_cdg_roissy_pole

Setelah mendapatkan tiket ditangan, jangan lupa untuk mengecek jadwal kedatangan kereta, gate mana, nomor gate berapa serta jam keberangkatan. *Cek juga Voiture, Class yang ada di tiket yang kita pesan *Usahakan untuk dapat bersiap – siap 15 menit di  tempat kedatangan kereta. Karena baik RER,TGV ataupun jenis transportasi di Perancis semuanya sudah menganut sistem ON TIME. tidak peduli dengan penumpang penuh atau tidak, kereta akan melaju sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Perlu diingat untuk menvalidasi tiket yang telah anda dapatkan sebelum memasuki gate kereta. Anda akan mendapatkan denda jika ketahuan tidak melakukan validasi tiket karena setibanya dikereta, tiket anda nantinya akan diperiksa. Lakukan validasi dengan yellowbox yang bertebar dimana-mana

img_1953validator

Khusus bagi saya yang ingin ke Nancy, saya harus turun di TGV lorraine dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Nancy (Nancy Gare) dengan menggunakan bus kecil. benar – benar perjalanan yang panjang. Sesampainya saya di Nancy Gare, saya dijemput oleh keluarga (host) saya.

Selamat menikmati perjalanan Anda. Bonne Journe 🙂

Leave a Reply

