[TIPS] Jauh dari chikungunya

Dear Blog Lovers!
Anda pasti mau kesehatan Anda tetap terjaga bukan? ingin bisa mengerjakan aktivitas sehari – hari dengan lancar??? pastinya semua orang ingin menjaga kesehatannya dengan baik. Nah, lagi – lagi kita berkutat dengan masalah chikungunya.

Sebelumnya saya ingin memaparkan sedikit mengenai apa itu chikungunya? chikungunya merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang diperantarai oleh nyamuk yang membuat penderitanya mengalami demam yang tinggi dan nyeri sendi (atralgia) yang hebat. Penyakit ini sudah mulai diidentifikasi pertama kali di Benua Afrika dan disebabkan oleh virus chikungunya dengan perantara gigitan nyamuk yang jenisnya sama dengan Aedes Aegypti. Gejala yang paling utama sekali muncul saat terserang penyakit ini yaitu demam tinggi yang membuat kita merasa dingin sekali dan diikuti dengan nyeri sendi lutut yang hebat lalu dilanjutkan dengan timbulnya bintik bintik merah, hampir mirip dengan penyakit demam berdarah.
Sewaktu saya melakukan riset skripsi di Padang, saya sempat menderita penyakit ini, kebetulan karena saya sendiri dan mengekos, alhasil mengalami nyeri sendi lutut yang sangat hebat membuat saya hampir tertatih tatih untuk menyelesaikan skripsi saya. Untungnya hal ini tidak berlangsung lama, karena mau tidak mau, saya mesti harus mengembalikan daya tahan tubuh saya untuk melawan penyakit ini. Pada awalnya saya berfikir bahwa saya terkena penyakit ini di tempat kosan saya, tapi setelah saya telaah lagi, beberapa hari sebelumnya, saya sempat bepergian kerumah saudara saya dan sempat tinggal disana, and my hypothesis going on!
Menurut observasi saya, kota Padang merupakan kota yang cukup banyak memiliki penderita dengan penyakit chikungunya. Hanya saja belum ada ilmu yang diberikan untuk mendidik masyarakat lain agar tersadar dan terhindar akan bahaya gigitan nyamuk ini. Nyamuk ini memang tidak menimbulkan kematian. Namun, cukup untuk membuat daily living kita cukup terganggu dengan gejala dan waktu sakit yang tergolong lama.
Image
info.kes.com
Adapun sedikit tips bagi teman – teman, untuk terhindar dari penyakit ini :
1. STOP untuk menggantung pakaian
Bagi kamu yang hobi menggantung pakaian di anger setelah pulang dari suatu tempat. Mulai sekarang hentikan kebiasaan itu karna baju kamu bisa menjadi tempat perindukan yang enak, lembab dan nyaman bagi nyamuk chikungunya. TIPS : bagi kamu yang habis berpergian dan ingin memakai baju itu lagi cukup di lipat saja dengan rapi dan untuk baju kotor silahkan untuk memberikan bak yang khusus yang diletakkan di tempat yang cukup jauh dari tempat peristirahatan.
2. STOP untuk kotor
Siapapun bakal tahu, kebersihan pangkal kesehatan. Marilah kembali ke prinsip dan tetuah yang lama, untuk terus menjaga kebersihan disekitar kita, dimulai dari kamar tidur kamu sampai dengan halaman luar rumah kamu. gooo. penyakit!
3. STOP untuk ruang pengap
Ruangan pengap (no ventilasi) ternyata bisa menjadi faktor loh.. tidak adanya ventilasi serta pertukaran udara yang sehat dari luar ataupun tidak adanya sinar matahari yang masuk ke ruangan kita. Bisa membuat suhu kamar akan terus semakin lembab. Baju yang ada diruangan khususnya di lemaripun pastinya akan lebih lembab dibanding kamar yang disinarin ventilasi setiap hari.
4. STOP using nothing
Tidur dengan celana pendek? atau tidur tanpa repellent atau obat nyamuk lainnya. Pastinya merupakan resiko digigit nyamuk. Usahakn gunakan obat nyamuk untuk menjaga kita agar terhindar dari gigitan nyamuk
5. STOP malas, doing 3M+
Ayo.. galakkan kembali untuk menutup palang air bersih dan mengubur barang – barang bekas yang ada digudang serta menjaga kebersihannya. Mulailah perhatikan gudangmu, pisahkan barang bekas dan tata kembali gudang dengan rapi. Barang bekas temuan kamu ini akan lebih berguna, dijual lagi, didaur ulang, atau dibuat suatu kreasi tangan. Lebih bermanfaat!!
6. STOP menunda
Bagi kamu yang hobi menunda untuk mencuci kain, silahkan mulai dari sekarang, jangan menunggu kain bertumpuk terlebih dahulu baru dicuci. Alangkah baiknya untuk mulai mencucinya. Begitu pula untuk kain yang ingin di setrika. Jangan pernah menunda yaa..lets do it early!
Penyakit ini tergolong tidak mematikan dan dapat disembuhkan, Dalam artian obat – obatan ini hanya bersifat mengurangi gejala tetapi tidak mematikan virusnya. Dari beberapa literatur yang saya baca, virusnya akan dorman ( tinggal) ditubuh dan akan bermanifestasi kembali jika daya tahan tubuh kita menurun, jadi jika kita capek, kita akan merasakan nyeri sendi dan pegal – pegal ditulang – tulang. Bagi Ands yang merasa sekarang tengah menderita penyakit ini,anda dapat meminum air kelapa muda langsung (tanpa gula) tanpa es. Anda meminum air kelapa muda ini bisa satu kali sehari, menurut beberapa referensi didalam air kelapa muda terkandung banyak ion dan vitamin yang dapat memulihkan daya tahan tubuh kita, sehingga baik banget untuk penyembuhan penyakit ini. Untuk nyeri sendi nya yang tidak tertahankan tersebut Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter untuk medapatkan obat yang sesuai (saya meminum steroid (metilprednisolon) untuk mengurangi sakitnya) tapi iNGAT!! jangan coba – coba terus meminum obat ini dalam jangka yang panjang karena akan menekan produksi steroid endogen anda dan tidak baik untuk sistem hormonal anda. So. Lebih baik konsultasi kan terlebih dahulu!
Tetap Jaga Kesehatan!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s