Nyamannya perjalanan ke TLS Contact via Bus APTB Bekasi (Jati Mulya) – Tanah Abang

Dear Blog Lovers!

Sudah pernah dengar belum istilah APTB? APTB itu kepanjangan dari Angkutan Penumpang Terintergrasi Busway. Suatu modal transportasi yang bertujuan untuk menghubungkan daerah-daerah perbatasan Kota Jakarta dengan pusat Ibu kota sendiri. Awalnya mungkin banyak masyarakat yang belum tahu dengan jenis transportasi ini.

Saat saya berkunjung ke Bekasi, tepatnya saya menginap di tempat om saya di daerah Jatimulya, saya memiliki rencana untuk appointment ke TLS Contact besok hari. (Simak Tata Cara Mengurus Visa Schengen di Kantor TLS Contact sebelumnya) disini. Sehingga saya sudah menyusun rencana untuk mencoba menggunakan bus ini sebagai alternatif ke Jakarta. Keesokan harinya , banyak orang yang saya tanya mengenai keberadaan bus ini di sekitar Terminal Bekasi, lebih banyak yang tidak mengetahuinya. Untungnya saya sigap mencari beberapa referensi yang bisa ditanya – tanya dalam penemuan Bus APTB ini.

Sedikit saya share informasinya. Untuk mengakses bus ini dari Perumahan Jatimulya, saya mesti harus naik angkot/mikrolet/metromini bewarna oranye yang bertuliskan nomor 19. Artinya angkot ini akan melewati Jatimulya – BTC – Terakhir ke Terminal. Ongkos yang ditetapkan juga tergantung dimana Anda ingin turun. Maksimal perjalanan ke terminal cukup dengan 4000 IDR. Untuk menaik bus APTB ini, Anda sendiri dapat menaikinya di sembarang tempat, dari hasil pengamatan saya sendiri, justru bus ini tidak dapat saya temui di terminal layaknya bus lainnya, namun bus ini terus dapat kita lihat lalu lalang sepanjang jalan.

Saran saya, jika ingin berduduk ria dengan enak di Bus ini, pilihlah rute BTC minimal untuk menaikinya, jangan terlalu dekat dengan Gerbang Tol Timur / Gerbang Tol Barat. Karena ditakutkan bus ini akan mengambil penumpang disepanjang jalan yang ditempuh, untuk itu jika memilih titik terjauhnya, alhasil penumpang yang naik semakin banyak dan Anda akan berdiri sampai tujuan Anda nanti.

Pengalaman saya, saya naik dari halte setelah terminal kearah Gerbang Tol Timur, waktu itu saya menaiki Bus APTB yang lagi kosong. Senang sekali mendapatkan tempat duduk yang enak dan ber AC lagi. Walaupun bus ini relatif mahal, namun karena berintegrasi dengan halte busway nantinya plus AC dan Performance nya enakeun. Uang yang dikeluarin jadi tidak terasa mahal. (hihi)

Oh yeah. Busway APTB Bekasi – Tanah Abang ini ada dua tipe bus. Bus warna Biru Langit dan Biru Pekat. Beda produksi mereka. Namun disarankan agar melihat dulu via Gerbang Tolnya (via tol timur atau Barat) karena rutenya berbeda. Selain itu juga tiketnya juga berbeda. Jadi perhatikan tiket dan sesuaikan dengan Bus yang akan dinaiki. Biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan 9.000. Ini sangat berbeda dengan bus – bus patas lainnya yang berkisar 6.500. Sebenarnya itu terserah pilihan pribadi, namun kalau saya kemaren kenapa memilih bus APTB ini yaitu  karena saya yakin perjalanan saya akan lebih cepat dan terstruktur karena dia terintegrasi dengan halte busway yang ada. Didukung lagi AC yang  dan Tempat duduk yang nyaman. Sayang bagi yang penumpang terakhir yang naik suka tidak mendapatkan tempat duduk.

Dari Bekasi saya naik bus APTB dan turun di Halte Busway Kuningan Barat. Untuk kedaerah Kuningan Anda mesti harus ikuti jalur transfer ke Halte Busway Kuningan Timur agar sampai ke Halte Patra Kuningan. Di Halte Patra Kuningan ini lah anda berhenti dan melanjutkan perjalanan kurang lebih 10 menit menuju Menara Anugrah (TLS Contact). Daerah Mega Kuningan ini, bus ataupun mikrolet tidak dapat masuk, kalaupun Anda tidak ingin berjalan kaki, Naik Ojek atau Taksi juga bisa dijadikan alternatif pilihan.

 

statik.tempo.co
http://www.tempo.co
Image
Tampakkan didalam bus APTB. Begini nasib yang terakhir naik Bus
Image
http://fahrezaarief.blogspot.com

Sedikit mau Informasikan, ternyata APTB ini tidak hanya beroperasi untuk wilayah Bekasi saja namun juga di berbagai daerah lainnya, Berikut Saya tuliskan Rute – Rute APTB yang tersedia untuk memudahkan Anda mengetahui rencana perjalanan Anda.

  • Rute APTB Bekasi – Bundaran HI: (APTB PPD via Tol Timur)
Terminal Bekasi → Jl. Ir. H. Juanda → Jl. H. Mulyadi Joyomartono → Jalan Tol Jakarta-Cikampek → Halim PK → Jl. MT. Haryono → Koridor 9 (Cawang Ciliwung → Cikoko St.Cawang → Tebet BKPM → Pancoran Tugu → Pancoran Barat → Tegal Parang → Kuningan Barat → Gatot Subroto Jamsostek → Gatot Subroto LIPI → Semanggi (arah Bundaran HI)) → Koridor 1 (Bendungan Hilir → Karet → Setiabudi → Dukuh Atas → Tosari → Bundaran HI)
  • Rute APTB Bekasi – Bundaran HI: (APTB PPD via Tol Barat)
Mega Bekasi Hypermall → Jl. Jend A. Yani → Jalan Tol Jakarta-Cikampek → Halim PK → Jl. MT. Haryono → Koridor 9 (Cawang Ciliwung → Cikoko St.Cawang → Tebet BKPM → Pancoran Tugu → Pancoran Barat → Tegal Parang → Kuningan Barat → Gatot Subroto Jamsostek → Gatot Subroto LIPI → Semanggi (arah Bundaran HI)) → Koridor 1 (Bendungan Hilir → Karet → Setiabudi → Dukuh Atas → Tosari → Bundaran HI)
  • Rute APTB Bekasi – Tanah Abang (APTB Maya Sari Bakti via Tol Timur)
Terminal Bekasi → Jl. Ir. H. Juanda → Jl. H. Mulyadi Joyomartono → Jalan Tol Jakarta-Cikampek → Halim PK → Jl. MT. Haryono → Koridor 9 (Cawang Ciliwung → Cikoko St.Cawang → Tebet BKPM → Pancoran Tugu → Pancoran Barat → Tegal Parang → Kuningan Barat → Gatot Subroto Jamsostek → Gatot Subroto LIPI → Semanggi (arah Tanah Abang)) → Koridor 1 (Bendungan Hilir → Karet → Setiabudi → Dukuh Atas → Tosari → Bundaran HI → Sarinah) → Jl. Kebon Sirih → Jl. Fachrudin → Jl. KH Mas Mansyur → Jl. Jatibaru → Tanah Abang.
  • Rute APTB Bekasi – Tanah Abang (APTB Maya Sari Bakti via Tol Barat):
Terminal Bekasi → Jl. Ir. H. Juanda → Jl. Cut Meutia → Jl. Jend. A. Yani →Jalan Tol Jakarta-Cikampek→ Halim PK → Jl. MT. Haryono → Koridor 9 (

 

   Cawang Ciliwung → Cikoko St.Cawang → Tebet BKPM → Pancoran Tugu → Pancoran Barat → Tegal Parang → Kuningan Barat → Gatot Subroto Jamsostek → Gatot Subroto LIPI → Semanggi (arah Tanah Abang→ Koridor 1 ->Bendungan Hilir → Karet → Setiabudi → Dukuh Atas → Tosari → Bundaran HI → Sarinah) → Jl. Kebon Sirih → Jl. Fachrudin → Jl. KH Mas Mansyur → Jl. Jatibaru → Tanah Abang

  • Rute Bekasi – Pulo Gadung
    Untuk APTB Bekasi – Pulogadung saat ini stop beroperasi, dikarenakan minimnya penumpang yang berminat serta jalur rute yang memutar. Oleh sebab itu, maka digantikan dengan jurusan APTB Bekasi – Tanah Abang dan Bunderan HI yang rutenya langsung menuju pusat ibukota Jakarta sehingga tidak ada jalur memutar serta minat penumpang yang tinggi.
  • Rute Poris Plawad – TomangRute via: Batuceper, Kalideres, Cengkareng, Pesing, Grogol
    Operator: Perum PPD
    Tarif: Rp. 8000
  • Rute Ciputat – KotaRute via: Pasar Jumat, Lebak Bulus, Pondok Indah, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Sudirman-Thamrin, Gadjah Mada, Glodok
    Operator: Bianglala Metropolitan
    Tarif: Rp. 8000
  • Rute Cibinong – Grogol
    Rute via: Cieutereup, Tol Jagorawi, Cawang, Pancoran, Kuningan, Semanggi, Slipi, Tomang
    Operator: Mayasari Bakti
    Tarif: Rp. 12000
  • Rute Bogor – Rawamangun
    Bogor (Bubulak) – Jakarta (Rawamangun):
    Rute via: Taman Yasmin, Kedungwaringin, Tol Sentul Selatan, Tol Jagorawi, Cawang, Jatinegara, Ahmad Yani By Pass, Pemuda
    Operator: Sinar Jaya
    Tarif: Rp. 14000
  • Rute Bogor – Blok M
    Bogor (Bubulak) – Jakarta (Blok M):
    Rute via: Taman Yasmin, Kedungwaringin, Tol Sentul Selatan, Tol Jagorawi, Cawang, Pancoran, Kuningan, Semanggi, Mayestik Kebayoran Baru
    Operator: Sinar Jaya
    Tarif: Rp. 14000
  • Rute Cileungsi – Blok M
    Cileungsi – Blok M:
    Rute via: Taman Bupperta, Legenda Kota Wisata, Cibubur Junction, Tol Jagorawi, Cawang, Pancoran, Kuningan, Semanggi, Mayestik Kebayoran Baru
    Operator: Mayasari Bakti
    Tarif: Rp. 12000
  • Rute Bogor – Tanah Abang
    Ciawi – Tanah Abang:
    Rute via: Akses Utama Ciawi – Sukabumi, Tol Jagorawi, Cawang, Pancoran, Kuningan, Semanggi, Sudirman-Thamrin
    Operator: Sinar Jaya
    Tarif: Rp. 14000
  • Rute Bogor – Tanah Abang
    Ciawi – Tanah Abang:
    Rute via: Akses Utama Ciawi – Sukabumi, Tol Jagorawi, Cawang, Pancoran, Kuningan, Semanggi, Sudirman-Thamrin
    Operator: Sinar Jaya
    Tarif: Rp. 14000

(input)

Source : http://dikotak.com/jadwal-aptb.html

http://fahrezaarief.blogspot.com

http://www.tempo.co

Advertisements

4 thoughts on “Nyamannya perjalanan ke TLS Contact via Bus APTB Bekasi (Jati Mulya) – Tanah Abang

  1. numpang tanya mba.. kalo dari bekasi ke tanah abang naik aptb, di tanah abangnya turun dimana ya? apa ada seperti terminal begitu? tq.

    Like

  2. APTB ini kan integrasi dengan alur dan jalan busway, jadi dia bakal ikut jalannya busway mbak. nanti turunnya juga mengikuti sesuai rute, turunnya juga di halte busway nya mbak..

    Like

  3. Mau tanya mbak, saya besok mau ke menara anugrah dr Bekasi. Dari penjelasan di atas, saya harus turun di halte kuningan barat, lalu ikut jalur transfer ke kuningan timur agar sampai ke halte patra jasa. Saya mau tanya, maksudnya ikut jalur transfer itu apa ya?
    Tolong dibalas ya mbak. Makasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s