[Pendaftaran] Mengurus Visa Schengen Perancis Sendiri

Salam Blog Lover!

Sebagai seorang manusia, kita banyak diberikan nikmat seperti akal fikiran, perasaan dan kekuatan. Wajar banget hal ini tentunya membuat manusia itu sendiri sebagai suatu insan yang mandiri dan berintelegen dalam mengurus berbagai keperluan hidupnya sendiri. Termasuk mengurus visa sendiri. As a woman we do it! of course.. 🙂

Visa adalah suatu bentuk dokumen yang diberikan oleh negara bersangkutan kepada warga negara untuk masuk kedalam negara bersangkutan yang gunanya sebagai izin masuk ke negara tersebut pada periode tertentu dan tujuan tertentu. (wikipedia)

Pada postingan kali ini, saya akan sedikit memberikan pengalaman bagi Anda – Anda yang ingin mengurus Visa Schengen sendiri. Khususnya Visa Perancis.

Sebelumnya Anda harus memutuskan dulu dalam pemilihan jasa, apakah anda ingin membayar jasa travel agent atau menggunakan jasa anda sendiri? Untuk periode yang dimulai sejak Desember 2013 lalu untuk kehadiran pribadi telah harus diwajibkan untuk pengambilan data dan sidik jari (biometrik), jadi mau anda memakai travel agent, kedatangan anda memang wajib untuk ada.

Keuntungan / Kerugian

  • Jasa travel agent ( Kentungan : Berkas anda dikumpulin dan di rapihin semuanya, tidak ribet dan anda dituntun step by step) (Kerugian : Anda mesti membayar agent walaupun visa anda nantinya akan ditolak)
  • Jasa sendiri ( Keuntungan : Anda Mengetahui sendiri step by step langkahnya sendiri dan anda tidak perlu bayar plus untuk jasa agen travel) (Kerugian : Anda akan menyusun dan merapihkan dokumen sendiri dan harus membaca cermat aturan pengurusan visa)

Apapun pilihan anda, yang penting perlu diingat, ada agent mengurus atau tidak, tidak menjamin kalau visa anda akan diterima. So. think about this before yeah madamme.. 🙂

Dalam kepengurusan ini saya memilih untuk mengurus VISERI ( Visa sendiri) artinya saya mesti harus memulainya dari nol dan mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukannya semua. Dalam mengurus paspor pun saya juga begitu. visit disini. Awal kita mengurus visa ini mulai dengan :

Pendaftaran pada TLS CONTACT 

Introduction : Tls contact merupakan suatu lembaga yang ditunjuk oleh kedutaan besar perancis untuk mengumpulkan semua berkas berkas pemohon yang apply. Sewaktu saya pergi ke Kedutaan Perancis, pernah saya melihat Ibu dan bapak mendatangi kedubes untuk menanyakan cara menge-apply. Jelas orang kedutaan akan mengopor Ibu dan Bapak tersebut kembali ke TLS Contact, so. jangan coba – coba. Lets follow their step.

Step 1: Silahkan visit Tls Contact disini .Lakukan Register Akun Anda dan Log In disana. (Beri email dan password anda) lalu confirm email balasan ke email anda.

Step 2 : Mengisi lengkap Informasi Pribadi Anda di akun anda tersebut. Silahkan download untuk form pendaftarannya disini untuk form visa jangan pendek (< 90 hari) untuk form lainnya klik disini. Saya menyarankan untuk mengisi form dengan manual tangan anda sendiri. Catatan : Menulis form ini dengan huruf kapital semua dan bagi kolom yang tidak ada jawaban, jangan biarkan kosong silahkan mengiri N/A untuk mengisinya.

Step 3 : Setelah menyelesaikan mengisi data informasi pribadi anda, anda akan mendapatkan list dokumen yang harus anda lengkapi dan bawa saat appointment. Jangan lupa print list dokumenya. Adapun dokumen – dokumen yang harus dibawa akan saya terangkan pada posting disini.

Step 4 : Lakukan penentuan Jadwal Appointment (Pertemuan) kepada pihak TLS Contact. Untuk penentuan jadwal ini anda harus benar benar perhitungkan. Karena anda dilayani memang sesuai dengan jam anda walaupun anda sudah datang pagi – pagi ke kantor TLS Contact. Jadi datang on time sesuai waktu yang anda tentukan sendiri. Untuk mencancel tiba – tiba appointment dan memindahkannya ke tanggal lain, hal ini bisa terjadi. Anda cukup hubungi Call center  021-29852777 dari hari Senin sampai Kamis 08:30-12:30, Jumat 08:30-12:00 atau sore 13:30-16:30.

Step 5 : Anda datang sesuai tanggal dan jam yang anda tentukan sendiri dengan membawa berkas dokumen yang diperlukan dan kertas list dokumen sebelumnya. Anda silahkan daftar ke resepsionis awal, anda akan ditanya Asuransi Aslinya dan memperlihatkannya asuransinya dan anda diberikan id card yang dapat membawa anda masuk untuk penyerahan berkas – berkas anda. Dokumen anda akan dilihat dan ditinjau keberadaannya. Jadi buatlah selengkap mungkin. Pihak TLS Contact tidak memiliki kewenangan untuk menentukan visa seseorang tersebut diterima atau ditolak. Jadi yang jelas, buatlah selengkap – lengkapnya dokumen anda. Lalu tinggal berdoa kepada ALLAH agar diberikan kelanaran untuk kepengurusannya.

Step 6 : Setelah memberikan berkas, anda akan diberikan kertas invoice untuk membayar uang visa + uang jasa TLS Contact. Sewaktu saya (Visa : 955.400 IDR + Jasa TLS 400.000 IDR)

Step 7 : Anda akan melakukan pembuatan foto dan pengambilan sidik jari. Setelah ini anda akan diberikan kertas bukti yang harus dibawa untuk pengambilan paspor nantinya. Jadi jangan sampai hilang.

Step 8 : Finish – Pray sambil menunggu hasil pengembalian paspor dari kedutaan. Nantinya Paspor akan diantar dari pihak TLS Contact ke kedutaan besar Perancis, setelah itu pihak kedutaan lah yang memutuskan visanya diterima atau ditolak. Setelah semua selesai paspor akan dikembalikan lagi ke TLS Contact. Semua pemberitahuan dapat anda lihat di akun TLS Contact masing masing, selain itu juga nantinya akan diberitahukan melalui SMS. Yap.. tinggal diambil saja paspornya dengan membawa kertas bukti tadi. Mudah-mudahan bersama visanya langsung 🙂

Catatan : Untuk aplikasi visa, TLScontact dibuka dari hari Senin sampai Jumat 08:30-11:30. Untuk pengembalian paspor dibuka dari hari Senin sampai Kamis 08:30-12:00, Jumat 08:30-11:30 atau pada sore hari 13:30-16:30.

Kantor TLScontact
Menara Anugrah Lantai 3
Lingkar Mega Kuningan
Jakarta (disamping kedutaan Thailand)

*Postingan perjalanan dari Bekasi ke Kantor TLS Contact disini

oh yeah one more thing. Aku pernah denger adanya layanan premium dari TLS Contact. TLS Contact menawarkan paket Layanan Premium (8:30-12:00, 13:30-15:00, dari Senin sampai Jumat), yang memungkinkan Anda untuk menghemat lebih banyak waktu, merasa lebih nyaman dan mendapatkan pelayanan lebih.

Layanan Premium meliputi:

  • Loket khusus dengan beragam majalah, kue-kue, minuman dingin dan panas yang Anda inginkan.
  • Seorang agen pendamping pribadi selama proses penyerahan dokumen.
  • Gratis fotokopi, penerimaan fax, pencetakan email dan bantuan pengisian formulir permohonan visa.
  • Kebebasan untuk mengirimkan kekurangan dokumen sebelum pukul 15:00 hari kerja berikutnya.

Jasa Layanan Premium tersedia dengan tambahan biaya Rp 360.000 (per pemohon).

Super Premium service upgrades are available for an additional 500 RMB (per applicant).

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Layanan Premium, silakan bertanya kepada  call center TLS Contact di nomor sebelumnya

Pemberitahuan penting :

 

  • Perlu diketahui bahwa Layanan Premium sama sekali tidak menjamin pemohon untuk mendapatkan visa, overbooking, atau percepatan proses aplikasi visa oleh Kedutaan Perancis di Indonesia.
  • Tidak ada pengembalian biaya jika terjadi kasus pembatalan aplikasi. (TLS Contact)

 

(Input)

 

Advertisements

4 thoughts on “[Pendaftaran] Mengurus Visa Schengen Perancis Sendiri

    1. Sekarang masih bisa diurusin mak. tapi kitanya mesti harus datang juga 🙂 eheh iyaaaa…memang agak pusing ngurusin beginian 🙂

      Like

  1. sis mau tanya dong,
    pengambilan data biometric apakah di haru yang sama dengan penyerahan document? jadi sesuai appointment dgn TLS contact and thats it? berhubung sy hanya akan punya 1 hari dibjakarta dan tidak ba kembi lg sampai mendekati tanggal keberangkatan.
    terima kasih.

    Like

    1. iya pengambilan data biometrik seperti pengambilan foto sekalian dengan hari penyerahan dokumennya mbak. sekalian semuanya satu hari itu mbak. dont worry 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s