[Dokumen] Mengurus Visa Schengen Perancis Sendiri

Salam Blog Lover!

Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya dalam Pendaftaran Visa Schengen Perancis Sendiri disini. Sesuai dengan judulnya, kita bakal membicarakan mengenai syarat dokumen – dokumen yang harus kudu mesti disiapkan dalam mengurus Visa Schengen ini. Mari dilihat dan ikuti tips dari saya, mudah-mudahan membantu: (nb :oh yeah, saya tidak menjanjikan untuk bisa diterima atau tidak, tapi hanya membantu menunjang dokumen agar bisa diterima)

Ini dia dokumen – dokumen yang Anda perlukan untuk mengapply visa Schengen

  • Formulir Aplikasi Visa Jangka Pendek, Asli (download disini) ; Untuk formulir kalau saya dulu di print dan di ketik manual sendiri pakai tangan dengan tinta hitam dan huruf kapital semua. Cara mengisi formulir bisa dilihat disini. Bagi kolom yang kosong bisa tambahkan N/A untuk pengisiannya. and dont forget to sign in 🙂
  • 2 Lembar foto yang sama dan baru (ukuran 3.5 cm x 4.5 cm), foto bewarna dengan latar belakang putih yang diambil 6 bulan terakhir. sungguh sangat nyesek banget kalau kita terburu buru dalam membuat pas foto ini. Karena jika tidak sesuai dengan kriteria anda mesti harus ganti pas foto hari itu juga kan ribet banget, Cara saya begini, cari tempat foto di kota anda atau didaerah anda yang menerima pas foto visa. Unduh ketentuan foto disini. lalu foto sesuai ketentuan dan buat dengan perbesaran 70% wajah. Pengalaman saya,alhamdulillah saya berjilbab dan pas foto saya berhasil diterima. Cara saya, saya berfoto masih menggunakan jilbab namun penitinya tidak saya pakai. kedua telinga, kening sedikit area dibawah dagu harus terlihat.alhasil muka saya bulet banget jadinya (memang dasarnya bulet). Saya menyarankan untuk menfoto lebih dari sekali model foto agar bisa menjadi cadangan lainnya jikalau pas foto yang pertama tidak diterima. Kalau membuat pas foto di deket-deket kota lebih murah daripada membuat pas foto di hari H dan ditempat yang mahal. Anda bisa – bisa kena biaya 50 IDR plus kena paniknya.
  • Tiket Perjalanan Pulang Pergi Dari Indonesia, Fotokopi. Saya menyarankan untuk membooking tiket terlebih dahulu. Jangan mencoba untuk membayar tiket tanpa jelas visa diterima atau tidak. Saya juga menyarankan untuk booking tiket ini anda lakukan di travel agent saja. yeap. mungkin bisa terkena biaya 50 IDR.
  • Asuransi, Asli. Sesuai dengan regulasi European Union (Peraturan 2004/17/CE 22 Desember 2003), pelamar diharuskan untuk memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan anda harus mencakup minimum €30,000 apabila terjadi hal yang tidak direncanakan, seperti biaya rumah sakit atau keadaan darurat lainnya. Asuransi perjalanan tersebut harus menutupi sepenuhnya dan berlaku selama perkunjungan anda di wilayah Schengen. (TLS Contact)  Bagi anda yang ingin melihat daftar perusahaan asuransi yang diakui untuk kepengurusan visa bisa lihat disini. Pengalaman saya, saya memilih ACA Asurance yang Executive dengan nilai pertanggungan 50.000 USD (disini). Lebih hemat dan yang paling penting mencapai nilai minimum yang ditetapkan.
  • Pemesanan Hotel Selama di daerah Schengen, fotokopi. Pemesanan ini diharuskan ada sebagai wajib dokumen kepengurusan visa. Bagi kamu yang ada family atau teman di Perancis, dapat membuat surat pernyataan penanggungan, pengalaman saya, saya berencana pergi dengan tujuan student exchange. Jadi satu bulan penuh saya membutuhkan surat yang resmi dari pihak universitas. Untuk satu minggu tambahannya ternyata saya mesti harus melampirkan akomodasi lagi, entah itu bookingan hotel atau apa. Awalnya berkas saya tidak lengkap, namun keesokan harinya pihak kedutaan menelfon saya untuk melengkapi bookingan hotel yang tambahan seminggu saya itu. Alhamdulillah..Akhirnya dapat saya lampirkan. Oh yeah. Bagi kamu yang ingin backpacker, aku rekom banget untuk book di hostelbookers.com, dari hasil pencarian ku sih dia low cost banget. Karena aku kebetulan tidak punya kartu kredit. Jasa pemesanan booking hostelpun aku sewa. Yah walaupun kena charge 35 IDR. Yah tidak apa lah. (aku juga rekom booking.com)
  • Rekening bank pribadi yang menyatakan jumlah dana  di akun tersebut, asli, fotokopi. Untuk persyaratan ini saya melampirkan dua buah, surat referensi bank yang berguna untuk membenarkan kalau itu benar akun kita dari pihak bank dengan jumlah saldonya dan rekening koran. Untuk mengurus kedua ini dapat dilakukan satu hari jadi. Namun untuk mengurus surat referensi bank anda harus menyertakan surat dulu dari nasabah kalau dia ingin dibuatkan surat referensi bank. pengalaman saya, saya membuat surat referensi dari BANK BNI. Bagi anda yang mau melihat contoh surat permohonan pembuatan surat referensi saya silahkan liat disini. Untuk pembuatan surat referensi dari Bank saya dikenakan biaya 150.000 IDR dan rekening koran 2.500 IDR/lembarnya. Untuk berapa minimal saldo yang ada di akun tersebut, dari semua pencarian saya, ada yang mengatakan dengan perkiraan 80 euro dikalikan dengan lama tinggal.Sebenarnya memang tidak ada patokkan untuk dapat menentukan saldo berapa banyak yang bakal diterima visanya.

    Lo
    Surat permohonan pembuatan referensi bank. Jangan lupa ditambahkan keterangan juga ingin ditambahi keterngan saldonya
  • Surat dari Sekolah, asli, Terjemahan Inggris, fotokopi.
  • Kartu Keluarga dan KTP, fotokopi. Aku menyarankan untuk berjaga – jaga supaya anda membawa asli dari dokumen ini
  • Paspor asli dan fotokopi 2 lembar yang berisi data pribadi. Paspor pribadi atau dokumen perjalanan yang resmi dengan tanggal berlaku lebih dari 3 bulan lewat dari tanggal berlaku visa yang diminta dengan 2 halaman kosong untuk dimana visa sticker akan ditempel (‘tertera tulisan “visa”‘). Namun ada juga beberapa blog experience yang mengatakan minimal 6 bulan berlaku paspornya.
  • Paspor lama, asli dan fotokopi (kalau ada)

Semua dokumen saya sarankan dapat dibuatkan fotokopianya 1 rangkap buat pegangan kita. Lalu semua dokumen yang ingin diserahkan yang fotokopi dapat menfotokopinya dengan menggunakan kertas dalam ukuran kertas A4.

Bagi Anda yang nantinya mengalami berkas yang kurang lengkap seperti saya kemaren, saya menyarankan untuk melengkapi berkas kekurangan secepatnya dan mengantarkannya langsung ke Kantor Kedutaan Besar Perancis di Jakarta dengan membawa tanda bukti pendaftaran.

Kedutaan Besar Perancis / French Embassy
Menara BCA – 40th floor
Jl. M. H. Thamrin n°1
Jakarta Pusat 10310
Tel. : (62-21) 23 55 76 00
Faks : (62-21) 23 55 76 02
Surel : contact@ambafrance-id.org

(input)

Advertisements

5 thoughts on “[Dokumen] Mengurus Visa Schengen Perancis Sendiri

  1. Hi Indah,
    saya mau tanya untuk syarat tiket pesawatnya, apakah benar kalau sekarang harus pakai tiket asli (tidak boleh hanya bukti booking saja) pada saat apply visanya? Karena saya dapat info seperti itu dari travel agent yang saya datangi pada saat saya mau booking. Terima kasih

    Like

    1. Halo mbak Astrid. kalau setau saya pas saya ngurus kemaren 2014. masih ada kata-kata di administrasi sana harus melampirkan hasil bookingan tiket pesawat. Saran saya mbak ke sebuah travel agent aja untuk minta dibuatkan printnan tiket seperti format asli tiketnya. biasanya berbayar si mbak.

      Like

      1. Wah. iya nggak apa mbak. sesuai keinginan saja. good luck yah mbak. semoga semua urusannya lancar. 🙂 ditunggu kabar baiknya mbak

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s