Mudah dan Murah Mengurus SIM C Sendiri Tanpa Calo

Posting ini berasal dari pengalaman pribadi saya. Jadi seandainya, ada yang kurang dimengerti mohon tinggalkan komen dibawah atau kontak email saya. e-mailku
Bagi kamu yang senasib dengan saya, yang memiliki SIM namun baru tersadar kalau ternyata telah jatuh tempo lama sekali. Apa yang mesti dilakukan? Jawabannnya adalah mengurus prosedur pembuatan SIM yang baru lagi.

Disaat saya memasuki kantor yang memang diperuntukkan untuk pembuatan SIM. Disana ada banyak sekali yang menyediakan famlet / booklet untuk dibaca dan dipelajari skema untuk penerbitan SIM. Tidak usah repot saya menghadirkannya disini.
Famlet

 

Sediakan niat dan waktu yang cukup seharian untuk mengurusi hal ini. Lalu datanglah lebih awal untuk mendapat pelayanan yang baik.Untuk sekedar infromasi, hal- hal yang mesti dibawa untuk mempercepat proses yaitu;
Hari Pertama
-Pena
-KTP Asli
-Fotokopi KTP 2 lembar
-Surat Keterangan Sehat
untuk surat keterangan ini, pihak kepolisian menyediakan jasa dokter untuk membuat surat ini. Ada berbagai pilihan yang bisa dipilih. Jikalau tidak sempat untuk mengurus surat keterangan ini,tidak perlu kuatir,jasa pembuatan surat keterangan ini disediakan disana dengan nominal harga 30-40 ribu. Tetapi apabila ingin sedikit murah,surat ini dapat diurus dipuskesmas  yang terdekat dari rumah. Untuk mengurus surat ini tidak lah lama dan hanya perlu biaya 10-15 ribu. Cek informasi lengkapnya di posting saya selanjutnya.
See, tergantung pilihan saja lagi. Catatan bagi surat keterangan yang diurus dipuskesmas,memang perlu pengecekkan kembali ke jasa penyediaan surat keterangan tersebut. Namun itu hanya sekedar ditekken saja tidak perlu pembayaran lagi.
-Formulir yang telah diisi + Map 
Setiba disana langsung meminta formulir dan map yang telah disediakan disana. Isi formulir Lengkap. Catatan dari saya. Lebih bagus untuk mendapatkan formulirnya sebelumnya sehingga kita bisa mengisi lengkap – lengkap dirumah (jangan sampai ada yang tidak diisi) dan sekalian dibawa untuk perlengkapan di hari pertama.
1.Pendaftaran
Setelah semua berkas diperiksa. langsung ke Bagian pendaftaran
2.Ujian Teori
Setelah semua berkas terdaftar,kita diminta untuk langsung menuju ujian teori. Ujian teorinya berupa ujian teori simulator. Pertanyaannya berjumlah 30 buah. Dan jawabannya sebenarnya cukup mudah jika kita menyimak dengan baik. Pastikan lulus disesi ini. Saya kemaren salah 3 dari 30 buah.
3.Ujian Praktek
Setelah lulus diujian teori, langsung saja berbenah untuk mengikuti ujian praktek dilapangan. Untuk kisi – kisi dalam mengikuti ujian praktek.Silahkan lihat diposting saya selanjutnya.
Pada sesi ini banyak partisipan yang gagal untuk mencetak SIM pada hari yang sama. Banyak yang gagal untuk uji praktek ini. Dan jika gagal pertama, kita disuruh untuk mengulang datang ujian praktek satu minggu kemudian,jika kita masih gagal yang kedua,kita disuruh untuk mengulang datang ujian praktek kembali dua minggu kemudian. Untuk uji praktek yang ketiga gagal,kita disuruh datang lagi 30 hari kemudian. Jika gagal lagi, kita ajukan applikasi yang baru. so,pastikan disesi ini LULUS dihari pertama.
4.Membayar Uang
Setelah dipastikan lulus ujian praktek, kita disuruh untuk menyelesaikan pembayaran. Jasa pembayaran ini langsung disediakan disana. Jadi langsung saja bayar aja disana. Nominal harga untuk SIM C Baru 100 ribu.
 
5.Pembuatan Foto
Setelah semua berkas selesai,tinggal tunggu untuk membuat foto.Silahkan mempercantik diri. 🙂
6. Cetak SIM
Tinggal tunggu SIM kita dicetak.
Kalau bisa kita urus sendiri kenapa harus kita berikan ke orang lain. Tumbuhkanlah rasa malu dan jiwa berusaha pada diri sendiri dan
Selamat Mencoba,
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s