Desa Malang Rapat Kabupaten Bintan

 Gambaran Umum
Desa  Malang Rapat merupakan salah satu desa yang berada dalam cakupan wilayah Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Berdasarkan topografi ketinggian wilayahnya, desa Malang Rapat berada pada 0 – 20 m dari permukaan air laut dengan keadaan curah hujan rata-rata 20 mm/tahun, serta suhu rata-rata per tahun adalah 30ºC.
Luas wilayah Desa Malang Rapat yaitu 771.225 Ha dengan batas – batas wilayah sebagai berikut :
Utara           : Desa Berakit
Selatan        : Desa Teluk Bakau
Barat           : Desa Toapaya Utara
Timur          : Laut Cina Selatan

Dengan jumlah penduduk desa sekitar 1.829 orang yang terbagi menjadi 548 KK dan desa Malang Rapat terdiri dari 2 dusun (Dusun 1, Dusun 2), 2 RW (RW 1 Sei.Angus) (RW 2 Pulau Pucung) (RW 3 Kampe), 8 RT (RW 1 terdiri 3 RT, RW 2 terdiri 3 RT dan RW 3 terdiri dari 2 RT).
 Penduduk di desa Malang Rapat ini mayoritas menganut agama islam. Penduduk terbanyak terdapat di RT 03/01 kampung Pemukiman dengan jumlah penduduk 322 jiwa dengan persentase17,6% sedangkan penduduk terkecil terdapat di RT 01/02 Tanjung Keling dengan jumlah penduduk 110 jiwa dengan persentase 6,0%.
Berdasarkan jumlah KK RT 02/01 Alur Pekap merupakan yang terbanyak dengan jumlah 98 KK sedangkan yang terkecil yaitu RT 01/02 Tanjung Keling 34 KK. hampir di setiap RT jumlah penduduk laki-laki melebihi jumlah penduduk perempuan hanya di RT 03/02 Pulau Pucung saja jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki yaitu 86 : 89.
Sumber : Profil Desa Malang Rapat Tahun 2010.
Mata pencaharian masyarakat desa Malang Rapat ini mayoritas Nelayan (62%),Wirausaha/pedagang (19 %), petani (13 %), danpegawai negri sipil (4,6%).
Ditinjau dari tingkat pendidikan masyarakat desa Malang Rapat, penduduknya sebagian besar tidak tamatSD (856 orang), ada yang hanya tamatan sekolah dasar (358 orang), tamatan sekolah menengah pertama (201 orang) serta tamatan sekolah menengah atas (130 orang).
Sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat desa Malang Rapat untuk mencapai Pusat Pemerintahan Kota Tanjungpinang sejauh 39 Km yaitu dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Sebagian besar tiap masing – masing rumah telah memiliki kendaraan roda dua baik untuk transportasi pribadi maupun diperuntukkan sebagai mata pencaharian.Akses jalan yang ada di wilayah Desa Malang Rapat sangat bagus hanya ada sekitar ±2 KM yang kurang bagus tetapi masih bisa untuk dilalui, disepanjang jalan terdapat pantai yang sangat indah serta pondok-pondok wisata dan Resort sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan masa liburan di wilayah ini terutama pantai trikora.
Ciri geologis lebih banyak  berupa lahan berpasir sehingga cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan tambang pasir tetapi ada juga lahan yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian baik itu yang dikelola oleh masyarakat, kelompok maupun yang dikelola oleh pihak lain seperti perkebunan kelapa sawit. Hasil pertanian terutama sayur-sayuran sangat beragam dan melebihi untuk dikonsumsi oleh masyarakat setempat sehingga hasil-hasil tersebut banyak yang dijual di Tanjungpinang, kelompok pertanian juga sangat maju hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya piagam penghargaan yang diperoleh oleh kelompok tani.
Desa Malang Rapat merupakan sebuah daerah yang memiliki penduduk dengan bermacam-macam  suku.Pada  awalnya wilayah ini mayoritas di tempati oleh orang-orang dengan suku melayu. Namun seiring majuzaman semakin banyak penduduk yang bertransmigrasi ke desa Malang Rapat. Diantaranya suku Jawa, Melayu, Minang, Batak, Tionghoa dan lainnya.
Pusat aktivitas pemerintahan seperti kantor  desa dan balai desa  Malang Rapat terdapat di Pulau Pucung,dimana kantor desa berdekatan dengan pelabuhan yang padat aktivitas penangkapan ikan.
Desa Malang Rapat telah memiliki pemerintahan dan administrasi yang baik. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) sudah banyak digeluti warga dan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi ibu-ibu di daerah tersebut,seperti membuat usaha kerupuk ikan dan kerajinan tangan.  DiDesa  Malang Rapat juga terdapat Wadah PKK dengan segenap pengurus yang telah memadai. Program-programnya pun telah berjalan dengan lancar sepertikegiatan yasinan tiap bulan. Program yang berjalan dengan sangat baik adalah pengajian (yasinan) rutin yang diadakan satu kali dalam satu bulan, arisan dan program posyandu yang diadakan satu bulan sekali.
Desa Malang Rapat memiliki 3 gedung Sekolah Dasar (SD) dan 1 gedung Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan 1 gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Gedung sekolah dasar (SD) terdapat di tiga daerah yaitu SD 001 (Sei.Angus), SD 008 (Pulau Pucung), SD 004 (Teluk Dalam). Untuk gedung SLTP terletak di Pulau Pucung dan gedung PAUD berada di Sei.Angus. Selain itu, terdapatnya gedung pertemuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang sering dijadikan pusat aktivitas ajar mengajar tambahan baik diperuntukan bagi anak SD, SLTP, SMA dan umum. Gedung ini sering dipergunakan untuk mengajar bahasa inggris dan mata pelajaran lainnya, tak jarang banyak sekali buku – buku didalamnya yang dibantu oleh Yayasan Harapan Anak Pulau, The Island Foundation Bintan. Anak – anak yang berada di desa Malang Rapat ini sangat memberikan apresisasi pada bidang pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari antusiasnya anak – anak untuk ikut dalam proses ajar mengajar. Mudah – mudahan dapat ditingkatkan dengan sarana dan prasarana yang lebih lengkap untuk menunjang jalannya proses pengajaran secara optimal di kemudian hari.
Di Desa Malang Rapat juga terdapat 4 posyandu yaitu posyandu Asoka (Daerah Kampe), posyandu Matahari (Daerah Teluk Dalam), posyandu Dahlia  (daerah Pulau Pucung), posyandu Widuri (daerah Sei.Angus) dan satu buah posyandu pembantu  (PUSTU) yang terdapat di Sei Angus. Program kesehatan yang dikhususkan untuk balita dapat berjalan lancar setiap bulannya di masing – masing posyandu. Untuk administrasi dari masing – masing  juga baik.
Terdapat 4 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Malang Rapat yaitu Bunga tanjung (Tanjung Keling), Tunas Jaya (Pulau Pucung), Maju Jaya (Kampung Pemukiman), Citra Karya (Kampe), Fungsi dari KUBE ini sendiri adalah sebagai pemberdayaan masyarakat khususnya anggota KUBE. KUBE di Desa Malang Rapat ini menghasilkan produk yang berbeda seperti KUBE Bunga Tanjung khusus menjual kerupuk ikan yang diolah dari ikan yg didapat dari masyarakat setempat, KUBE Tunas Jaya menghasilkan Palawija, KUBE Maju Jaya menghasilkan kue-kue khas dari Desa Malang Rapat dan KUBE Citra Karya yang menghasilkan anyaman khas yang terbuat dari lidi. Setiap KUBE sudah memiliki sistem yang bagus dan pengorganisasian yang baik serta administrasi yang baik pula meskipun terdapat masalah internal tetapi itu dapat diatasi cukup baik setiap KUBE.
Sebuah Studio musik melayu juga terdapat di Desa Malang Rapat, studio mini ini diperuntukkan bagi wargakhususnya pemuda/i yang ingin mengasah bakat di bidang seni seperti nyanyi dan bermain musik.
Desa Malang Rapat hanya memiliki sebuah puskesmaspembantu (PUSTU) yang kurang berjalan baik karena masih dalam renovasi pembangunan, warga Malang Rapat jika hendak mendapatkan pengobatan bisa langsung kebidan setempat atau ke puskesmas pusat yang berada di Kawal.
Dalam hal kebersihan, warga malang termasuk warga yang peduli terhadap kebersihan rumah dan sekitar lingkungan pantainya sehingga Desa Malang Rapat ini pernah beberapa kali menjadi juara kebersihan di tingkat kabupaten maupun provinsi. Sehingga desa ini mendapat predikat desa teladan dan patut diteladani oleh desa-desa yang lain.

semoga dapat dijadikan referensi.. 😀
if you want asking something, let’s go to forum site to share and asking anything. Thank You

 @Indahpu24
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s