Ikut ACLS Pekanbaru

Salam,
Sebagai dokter yang baru saja menyelesaikan internsip, tentunya pelatihan ACLS (Advance Cardiac Life Support) sangat kami tunggu – tunggu untuk menambah ilmu dalam bidang gawat darurat terutama dibidang jantung. Siap atau tidak siap, iya harus siap. Awalnya memang ada ketakutan yang membuat saya merasa saya belum siap mengikuti pelatihan ini.

Continue reading “Ikut ACLS Pekanbaru”

Keliling Bangkok Seharian (Part 1)

Assalamualaikum.
Punya waktu cuman seharian buat liburan? Sehari buat  keliling Bangkok? Bisa ? Harus bisa..itulah yang saya alami berdua dengan saudara saya. Jangan takut. Pastikan tujuan destinasi yang diinginkan di Bangkok . Insyallah Bisa. yah walaupun badan pegal – pegal tetapi tetap hati senang. Bangkok dikenal sebagai negara yang ramah turis dan kaya akan wisata perbelanjaannya. Tidak salah banyak turis berdatangan termasuk dari Indonesia untuk mampir berbelanja disini.

Continue reading “Keliling Bangkok Seharian (Part 1)”

Donor darah saat puasa? (On air)

Salam puasa. Senang sekali rasanya untuk dapat membantu orang lain. Khusus bila mencari pahala yang besar di bulan yang penuh barokah ini.  Apalagi membantu terhadap orang lain yang sangat membutuhkan. wes. pahalanya insyaallah dilipat gandakan amin.

Apa saja sih amalan kecil yang bisa membuat pahala yang besar? salah satunya ya ini. Donor Darah. Terlihat sepele namun sangat simpel, save life dan dibutuhkan. Jangan fikir darah yang didonasikan tidak beharga sama sekali, justru sebaliknya. Continue reading “Donor darah saat puasa? (On air)”

Tips Mengurus Cepat Mutasi ke BPJS Mandiri

Salam!

Hari ini saya cukup bertungkus lumus untuk mengantri cukup panjang  untuk mengurus jaminan sosial saya. Yap. BPJS pastinya! kebetulan saya pernah didaftarkan menjadi anggota BPJS korporasi bersama keluarga namun peraturannya bila usia anak > 21 tahun, keanggotaannya langsung di nonaktifkan. Tapi bukan berarti jadi harus daftar baru lagi ya. Tinggal hanya di mutasikan ke BPJS Mandiri dan diaktifkan. Permasalahannya saya mesti antri panjang. Continue reading “Tips Mengurus Cepat Mutasi ke BPJS Mandiri”

Nasihat Mama

Salam Berpuasa.

Tadi malam, saya lagi sibuk dengan laptop mengotak – atik sesuatu, mama datang dari depan menyodorkan satu kertas. Aku terkejut dan langsung membacanya sambil menghentingkan pekerjaan saya dari laptop sejenak

“Nak.. Kalau Kamu Jadi Dosen, Dokter atau Ustazah, Kamu harus tetap usaha. Harus punya usaha sampingan biar hatimu tidak selalu mengharapkan pemberian atau bayaran orang lain, Karena usaha yang dari hasil keringatmu sendiri itu lebih barokah. Amin” Continue reading “Nasihat Mama”

Kamu Perlu Tahu Dokter

Sebenarnya postingan ini  bisa jadi intipan curhat dokter termasuk saya yang sebenarnya “we want you know that what exactly my condition”. Namun bukan sebagai sesuatu yang wow dan suatu prestige yang ujung – ujungnya kami susah masuk di berbagai kalangan. Ini berisi hal – hal yang sering banget saya alami dan saya sungguh tidak tahu harus memberikan penjelasan dengan siapa untuk mencerita kondisi dan profesi saya. so.. sekarang tidak usah takut lagi untuk ngedekatin teman kamu yang seorang dokter, tenang…dokter seorang manusia juga kok..Mari yuk mengenal dunia kami dan mencoba sedikit mengerti. #eaaak..

  1. Dokter itu kerjanya shift (pagi-sore-malam). Namanya dokter harus kudu mesti wajib ada di rumah sakit, mau lagi puasa, lebaran, natalan bahkan vacation keluarga :(. Alhasil kerjanya terbagi dengan waktu shift. Sebenarnya dokter ingin banget dimengerti karena memang tidak banyak orang yang tau dengan kondisi ini. Selain harus sehat jasmani buat terjaga sampai malam sampai dengan meninggalkan keluarga dan anak untuk menunaikan kewajiban. Dokter dituntut dalam keadaan prima.  Sebenarnya kalau ditanya – tanya dokter juga ingin pergi nonton film,liburan, nongkrong..tapi dokter mesti fight dengan jadwal jaga. Disinilah butuh pengertian keluarga, teman dan saudara dekat untuk memahami kondisi awal seorang profesi dokter.
  2. Beban Kerja Dokter yang Berat. Kebayang dong kerja dari tengah malam sampai dengan esok pagi melayani masyarakat. maksudnya kebayang capeknya kan. Belum lagi menghadapi kelakuan pasien yang beragam mulai dari mau enaknya sendiri sampai dengan yang suka suka nya saja. Pastinya dokter itu moodian. Jangan ganggu dia saat dia butuh istirahat. Karna dokter juga manusia butuh istirahat
  3. Dokter juga ingin punya lingkungan sosial yang beragam, namun sayangnya hanya segelintir orang yang hanya mengerti kerjaannya. Makanya dokter lebih senang memilih orang – orang yang seprofesi dengannya agar tercipta kesamaan. Tapi bukan berarti dokter milih milih teman.
  4. Sebenarnya dokter bukan sibuk – sibuk juga loh. Contohnya saya, saya cukup punya waktu yang senggang untuk membalas sesuatu pesan atau bbman. Namun terkadang saat mau membalas, ada sesuatu hal yang lebih terdesak ingin dilakukan. Nah. itu timbul persepsi dimana dokter sibuk banget.
  5. Dokter punya jam luang berbeda dengan orang kantoran lainnya, pantas dokter meringkas langsung peluang waktu luangnya kapanpun bersama orang orang terdekatnya. Walau waktunya agak sedikit tidak enak bagi yang bekerja normalnya.
  6. Dokter banyak uang. Amiiin.. saya tukang mengaminkan saja. Tapi perlu diketahui bahwa dokter – dokter yang bekerja diklinik malah diupah lebih rendah dari standar upah bayar tukang parkir. 😦 Luar biasa parahnya..
  7. Pasien adalah segala – galanya. Itulah kelemahan dokter. Pasien adalah guru dan yang paling utama. Inilah kenapa bahwa dokter mementingkan telfon untuk kepentingan pasiennya disela sela waktu luang bersamanya.
  8. Sistematika jaminan kesehatan yang sangat ribet dengan alur pengobatannya. Lagi – lagi dokter yang jadi tumbal. Saya sudah beberapa kali mengalami hal ini, dimarahi pasien, dibentak pasien. Saya kurang tau mengapa hal ini terjadi, padahal percayalah jika berada di rumahsakit, mereka semua memiliki niat membantu dan tidak akan mempersulit. Yang mempersulit itu jaminan kesehatan Anda. So.. please jangan jadikan kami tumbal.
  9. Tidak semua dokter yang memakai barang high end dan branded. hanya saja menginginkan barang dengan kualitas yang bagus supaya tidak membeli lagi
  10. Dokter tidak sombong dan malas ngomong. Hanya saja. Coba bayangkan. Berapa jumlah pasien yang ditangani? Pada diri setiap dokter yah walaupun ada mukanya yang enak dipandang dan tidak tersembunyi niat untuk membantu melayani masyarakat. Jadi jika ingin mengetahui banyak, bertanya lah dengan yang sopan, insyallah pasti akan dijawab dengan baik.
  11. Dokter langsung mau dimengerti kondisinya. Kadang kesal, ngomel – ngomel, sedih. Walau tidak tau apa yang telah dia hadapi- cukup dimaklumi saja. Karena setelah usai kewajiban dokter hanya ingin menenangkan fikirannya sejenak dan ingin merasa nyaman.